Rabu 17 Jun 2020 06:01 WIB

Pelatih akan Buat Persib Junior dan Senior Latihan Bersama

Robert menilai Persib tim paling profesional di Indonesia.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (10/2).
Foto: Abdan Syakura
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (10/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung memiliki akademi sepak bola yang sudah dikenal luas. Bahkan Persib bekerja sama dengan klub atas Italia, Inter Milan dalam membuat kurikulum pembinaan pemain muda.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengakui Persib memiliki keinginan untuk membangun klub dari dasar. Bahkan Persib menyiapkan lahan yang diperuntukan bukan hanya untuk tim senior tapi juga akademi.

"Itu bukan hanya untuk latihan tim senior tapi juga untuk akdemi. Jadi kami akan memiliki markas sendiri dan itu penting," kata Robert, Selasa (16/6).

Pelatih asal Belanda ini mencontohkan Ajax Amsterdam yang memiliki stadion sendiri dan kompleks latihan yang ada di sebelahnya. Iti membuat semua tim berbagai usia bisa berlatih bersama. 

"Itu merupakan tempat untuk tim muda, ada stadion mini, lapangan latihan dan fasilitas di dalamnya. Tim senior juga berlatih disana pada pagi hari dan tim muda menggunakannya pada sore hari," kata Robert.

Menurut Robert, hal serupa bisa dilakukan di Persib. Itu karena lahan yang akan digarap Persib dekat dengan Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung. Sehingga tim senior dan tim junior bisa sama-sama berlatih tanpa terganggu satu sama lain.

"Dengan itu filosofi tim juga mulai bisa ditanamkan, mentalitas 'Ngahiji' (bersatu) sangat penting dan saya pikir Persib ada di jalur yang tepat untuk itu," kata Robert.

"Persib bisa jadi tim yang paling profesional di Indonesia dan menjadi contoh bagaimana tim berkembang menembus level Asia," tambah Robert.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement