Rabu 17 Jun 2020 01:47 WIB

KONI se-Sumut Sepakat Lanjutkan Pembinaan di Tengah Pandemi

KONI Medan harus menunda Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) yang sudah di depan mata.

Logo KONI
Foto: blogspot.com
Logo KONI

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kota dan kabupaten se-Sumatra Utara (Sumut) sepakat pandemi Covid-19 tidak mengurangi semangat dalam melanjutkan roda organisasi olahraga maupun program pembinaan atlet. Tingginya semangat KONI Kota Kabupaten tersebut terangkum dalam rapat virtual dengan Ketua Umum KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis di Medan, Selasa (16/6).

Mayoritas pimpinan KONI Kota Kabupaten saat rapat menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 memberi pukulan sangat hebat hampir di semua sektor termasuk olahraga. Pihak KONI mengakui beberapa program harus tertunda. Seperti KONI Medan harus menunda Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) yang sesungguhnya sudah di depan mata. Bahkan enam KONI juga terpaksa menunda musyawarah dan meminta surat perpanjangan dari KONI Sumut.

Namun, seperti disampaikan Ketua KONI Medan Eddy H Sibarani, pandemi Covid-19 tidak membuat aktivitas organisasi terhenti total.

Pihaknya, kata Eddy, bersama dengan Sekum Suryadi dan para wakil ketua serta kepala bidang tetap memberlakukan latihan program mandiri terhadap atlet-atlet binaan dipantau para pelatih secara virtual.

Bahkan di tengah kondisi menuju normal baru seperti sekarang ini, KONI Medan juga telah melakukan koordinasi virtual dengan seluruh pengurus cabang olahraga di bawah kendalinya yang semua siap melanjutkan program yang tertunda sesuai protokol kesehatan olahraga Kemenpora.

"Khusus pelaksanaan Porwil, kami akan melakukan pembahasan lebih khusus dengan Dispora Medan, Siwo PWI Sumut serta pihak terkait lainnya," jelas Eddy.

Ketua KONI Labuhanbatu Ferry dan KONI Tanjungbalai Freddy Sitorus menyatakan bahwa pihaknya siap melaksanakan Musyawarah Kabupaten yang tertunda. Namun Freddy mempertanyakan tentang koordinasi dengan pihak kepolisian untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Begitu juga dengan KONI Deliserdang Khairullah Siregar yang mengusulkan periodesasi KONI Sumut mengikuti masa perpanjangan hingga 2021.

Sementara Ketua Umum KONI Sumut John Lubis didampingi Wakil Ketua I Agung Sunarno, mengatakan pihaknya mengapresiasi semangat para Ketua KONI kabupaten dan kota. John mengingatkan agar semua kegiatan yang dilaksanakan tetap mengacu kepada protokol kesehatan olahraga. Pelaksanaan Porwil Kota Medan yang direncanakan bisa bergulir akhir Juni atau awal Juli bisa menjadi percontohan bagi kota kabupaten lain yang ingin menggelar kegiatan multi event.

"KONI Sumut siap mendukung upaya KONI Medan dan lainnya untuk menjadikan olahraga di Sumut kembali berdenyut, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan olahraga," kata John Ismadi menegaskan.

Dalam kesempatan tersebut John juga menyebutkan pihaknya telah sepakat akan menggelar Musprov KONI Sumut pada Januari atau Februari 2021 meski KONI Pusat memberi perpanjangan waktu kepengurusan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement