Selasa 16 Jun 2020 20:08 WIB

Intip Game Komputer Pertama Buatan Bill Gates

Intip Game Komputer Pertama Buatan Bill Gates, Bisa Dimainkan di Sini Lho!

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Intip Game Komputer Pertama Buatan Bill Gates, Bisa Dimainkan di Sini Lho!. (FOTO: Reuters/Joshua Roberts)
Intip Game Komputer Pertama Buatan Bill Gates, Bisa Dimainkan di Sini Lho!. (FOTO: Reuters/Joshua Roberts)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Saat miliarder Bill Gates masih berusia 26 tahun pada tahun 1981, ia membuat salah satu game komputer paling awal di dunia. Nama game itu adalah Donkey.bas atau "Donkey" yang pada dasarnya merupakan permainan mengemudi arcade jadul dengan mengarahkan mobil balap digital.

Dilansir dari CNBC International di Jakarta, Selasa (16/6/2020) tujuan dari permainan ini adalah untuk menghindari menabrak keledai. Semakin lama bisa pergi tanpa menabrak keledai, maka semakin banyak poin yang akan didapat.

Baca Juga: Awal Pandemi, Bill Gates Investasi di Raksasa Teknologi hingga Rp6,3 Triliun, tapi Rugi Bandar!

Gates membuat game ini dengan salah satu karyawan pertama Microsoft yakni seorang programmer sistem bernama Neil Konzen.

Meskipun game ini tampak sangat sederhana menurut standar game modern, pengembang aplikasi seluler XVision telah mengembangkan Donkey.bas pada tahuh 2012 untuk bisa dinikmati di ke perangkat seluler yang menjalankan iOS Apple.

Kini, gim ini tersedia untuk diunduh di App Store Apple hanya dengan 99 sen, dan dapat dimainkan di iPhone, iPad, iPod touch, atau Apple TV.

Saat Gates dan Konzen membuat game ini, Microsoft baru berusia enam tahun. Dalam sebuah pidato tahun 2001, Gates mengatakan bahwa ia dan Konzen menulis pemrograman game tersebut pada larut malam yang dimulai pada jam 4 pagi.

“Kami menulis, pada larut malam, sebuah aplikasi kecil untuk menunjukkan apa yang dapat dibangun oleh Basic ke dalam PC IBM lakukan, "kata Gates saat itu. "Jadi itu adalah Donkey.bas. Itu, pada saat itu, sangat mendebarkan." ujar Gates.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement