Selasa 16 Jun 2020 12:35 WIB

Objek Wisata Bandung Belum Penuhi Standar Protokol Kesehatan

Jika belum sesuai standard protokol kesehatan, objek wisata belum bisa dibuka

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani
 Anak-anak tengah berlibur di tempat rekreasi Taman Lalu-Lintas, Bandung
Foto: dokrep
Anak-anak tengah berlibur di tempat rekreasi Taman Lalu-Lintas, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menilai fasilitas di sejumlah objek wisata di Kota Bandung masih belum memenuhi standar protokol kesehatan. Oleh karena itu, destinasi tersebut masih belum bisa dibuka untuk dikunjungi wisatawan.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku sudah memantau sejumlah objek wisata seperti Taman Lalu Lintas Bandung, Kebun Binatang Bandung dan Kolam Renang Karang Setra. Ia pun menyimpulkan objek wisata itu belum memenuhi standard.

"Kita lihat kesiapannya seperti apa dan apa yang perlu disiapkan tergantung teman-teman pengelola wisata," ujarnya belum lama ini.

Ia mengatakan apabila protokol kesehatan sudah terpenuhi, pengelola objek wisata bisa mengirimkan surat ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

"Nanti ditinjau ulang, dibuat simulasi. Kalau clear dan layak oleh dinas terkait dan membuat surat pernyataan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat," katanya.

Menurutnya, sarana protokol kesehatan yaitu tempat mencuci tangan, antrean yang menerapkan jaga jarak dan memiliki ruang isolasi. Ia juga menegaskan wahana yang sudah digunakan harus dibersihkan disinfektan.

"Rata-rata wahana jangan dulu (dibuka) termasuk kantin, jangan dulu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement