Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Pemprov Jatim Kawal Anggaran Penanganan Covid-19

Selasa 16 Jun 2020 09:32 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kiri) didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kedua kanan),

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kiri) didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kedua kanan),

Foto: ANTARA/Moch Asim
Pemprov Jatim Jatim memaksimalkan peran APIP untuk awasi penggunaan dana Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA --Pemerintah Provinsi Jatim memaksimalkan peran Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) untuk mengawal dan mengawasi penggunaan anggaran penanganan Covid-19 di wilayah setempat. Pengawasan dilakukan agar anggaran yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19 tepat sasaran, dan tidak ada penyimpangan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pengawasan yang dilakukan sebagai fungsi check and balance. Sehingga efektivitas dan efisiensi pelaksanaannya di lapangan dapat maksimal serta terhindar dari penyalahgunaan.

"Ini sekaligus menutup celah yang memungkinkan terjadinya penyalahgunaan anggaran tersebut,” kata Khofifah di Surabaya, Selasa (16/6).

Menurutnya, seluruh bantuan sosial yang bersumber dari APBD Provinsi, penyalurannya melalui kabupaten/ kota. Dia pun mengingatkan kepala daerah untuk transparan dalam penggunaan anggaran tersebut.

Sedangkan, kata dia, bantuan dari donatur, baik individu maupun lembaga, dan CSR perusahaan, laporannya diunggah dan ditampilkan di website infocovid19.jatimprov.go.id. Sehingga dapat diakses semua pihak. Khofifah juga meminta masyarakat berperan aktif melakukan pengawasan di lapangan. Misalnya terkait penyaluran Bansos.

“Jadi semua bersifat transparan dan terbuka. Masyarakat bisa mengakses dan melihat langsung berapa dan ke mana  bantuan tersebut disalurkan. Kami juga meminta masyarakat berperan aktif melakukan pengawasan,” ujar Khofifah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA