Selasa 16 Jun 2020 07:41 WIB

Ini Protokol Kegiatan Olahraga Menuju Tatanan Normal Baru

Menpora memberikan penjelasan tersebut melalui konferensi video daring.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Menpora Zainudin Amali.
Foto: Kemenpora
Menpora Zainudin Amali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali menjadi Keynote Speaker pada acara Seminar Nasional Olahraga Daring (SEMANGAD) melalui konferensi video dengan tema "Protokol Kesehatan dalam Pembelajaran Penjas dan Olahraga di Tengah Pandemi Covid-19", Senin (15/6).

Pada acara tersebut, Menpora menjelaskan pelaksanaan Protokol Kegiatan Keolahragaan Dalam Menuju Tatanan Normal Baru. 

Menpora mengatakan, kementerian yang dipimpinnya sekarang ini sudah mengeluarkan protokol kegiatan keolahragaan yang dibagi dalam tiga kategori. Kategori pertama yakni untuk kegiatan Pelatihan Nasional (Pelatnas), Pelatihan Daerah (Pelatda), Pelatihan Kabupaten (Pelatkab) atau Pelatihan Kota (Pelatkot), latihan klub. 

Kedua, yakni kategori kegiatan Kejuaraan, Event, Kompetisi atau Turnamen. Dan yang ketiga yakni, Kegiatan Olahraga Rekreasi atau Olahraga Masyarakat. 

"Ketiga kategori itu sudah kami terbitkan dan semuanya harus dipatuhi oleh semua stakeholder olahraga di Indonesia. Sementara untuk bidang pendidikan jasmani, Kemenpora masih akan berkoordinasi dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengeluarkannya, karena sekarang ini masih belum ada kepastian waktu kapan sekolah sudah dimulai. Insyallah akan menyusul," kata Menpora dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (16/6).

Ia juga menjelaskan tentang tata cara pelaksanaan Protokol Kegiatan Olahraga secara rinci sesuai dengan yang diterbitkan oleh Kemenpora. 

"Intinya pemerintah dalam hal ini Kemenpora sudah mengeluarkan protokol kegiatan keolahragaan yang berdasarkan protokol covid-19. Kuncinya agar semua ini berjalan dengan baik dan maksimal harus ada kedisiplinan semua masyrakat. Jika semua disiplin dalam menjalankanya, insyallah masa-masa sulit untuk olahraga di masa pandemi covid-19 berakhir," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement