Selasa 16 Jun 2020 00:18 WIB

Lebih dari 400 Pemain Minta Bantuan Keuangan ke FIFA

bantuan keuangan ini ditujukan pada salah satu program FIFA, Dana untuk Pesepak Bola.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
FIFA. Setidaknya lebih dari 400 pesepak bola telah mengirimkan apilkasi permohonan bantuan keuangan kepada FIFA.
Foto: EPA/STEFFEN SCHMIDT
FIFA. Setidaknya lebih dari 400 pesepak bola telah mengirimkan apilkasi permohonan bantuan keuangan kepada FIFA.

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Setidaknya lebih dari 400 pesepak bola telah mengirimkan apilkasi permohonan bantuan keuangan kepada Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Sebagian besar permintaan bantuan keuangan ini datang dari para aktor-aktor lapangan hijau di Benua Eropa.

Seperti dilansir Sky Sports, hingga saat ini, FIFA telah menerima 441 aplikasi permohonan bantuan keuangan dari pesepak bola. Pasalnya, mereka tidak mendapatkan gaji dari klub mereka masing-masing. Aplikasi permohonan bantuan keuangan ini ditujukan pada salah satu program FIFA, Dana untuk Pesepak Bola (FFP).

"Sebanyak 89 persen dari pengajuan aplikasi permohonan bantuan keuangan ini datang dari para pemain yang membela klub-klub asal Eropa. Sementara 11 persen sisanya datang dari berbagai penjuru dunia," tulis laporan Sky Sports, Senin (15/6). 

Para pesepakb ola bisa mengajukan permohonan bantuan keuangan kepada FIFA hingga akhir Juni ini. Permohonan bantuan keuangan itu harus disampaikan via Federasi Asosiasi Pesepak Bola Profesional Dunia (FIFPro). Nantinya, FIFPro akan menyampaikan aplikasi permohonan ini ke program FIFA Dana untuk Pesepak Bola (FFP).

Bekerja sama dengan FIFPro, FIFA telah meluncurkan Program FIFA Dana untuk Pesepak Bola (FFP) pada Februari silam. Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan dana terhadap pemain-pemain yang belum dan tidak akan mendapatkan bayaran dari klub-klubnya dengan berbagai alasan, termasuk apabila klub tersebut mengalami kebangkrutan dan terpaksa gulung tikar.

FIFA telah mengalokasikan dana sebesar 3,8 juta poundsterling untuk membantu pemain yang belum mendapatkan bayaran dalam rentang waktu Juli 2015 hingga Juni 2020. Tidak hanya itu, FIFA juga telah menganggarkan dana bantuan sebesar 12,3 juta poundsterling untuk rentang waktu 2020 hingga 2022. Nantinya, dana bantuan ini dialokasikan tiap tahun, sesuai dengan tahun anggaran yang tengah berjalan.

"Meskipun dana ini tidak akan menutup semua kerugian yang dialami oleh pemain, tapi dana ini setidaknya dapat menjadi jaring pengaman buat pemain. Kesepakatan dengan FIFPro menjadi upaya kami selaku badan otoritas tertinggi sepak bola untuk membantu para pihak yang membutuhkan, terutama pemain yang menjadi figur penting dalam permainan ini," kata Presiden FIFA, Gianni Infantino, saat mengumumkan program FIFA Dana untuk Pemain (FFP) seperti dilansir BBC, Februari silam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement