Senin 15 Jun 2020 20:15 WIB

Rumah Zakat Bantu Modal Usaha Warga

Umtuk membuat roti Masitah masih menghadapi kendala modal dan pemasaran

Rumah Zakat kembali menyalurkan bantuan modal usaha kepada Siti Masitah yang tinggal di Desa Jangkang, Kecamatan Dendang, Belitung Timur.
Foto: istimewa
Rumah Zakat kembali menyalurkan bantuan modal usaha kepada Siti Masitah yang tinggal di Desa Jangkang, Kecamatan Dendang, Belitung Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG TIMUR--Rumah Zakat kembali menyalurkan bantuan modal usaha kepada Siti Masitah yang tinggal di Desa Jangkang, Kecamatan Dendang, Belitung Timur. Siti Masitah merupakan salah satu warga anggota binaan Rumah Zakat Desa Berdaya Jangkang. Saat ini, Masitah dibantu oleh suaminya membuka usaha roti ketawa. Sebelumnya Masitah dan suami pernah membuka usaha yang sama di tanah kelahirannya, Siantar, Sumatera Utara.

Karena faktor ekonomi, mereka pun mengadu nasib ke Pulau Belitung. Dengan harapan yang sama untuk memperbaiki perekonomian keluarga, mereka membuat usaha roti ketawa. Namun untuk memproduksi roti tersebut, mereka sering mengalami kendala pada modal. "Untuk membuat roti ketawa lebih banyak, juga dibutuhkan beberapa alat sehingga pengerjaannya lebih mudah dan cepat,"kata Masitah, Kamis (11/6).

Saat ini, usaha roti ketawa tersebut masih pasang surut, Masitah dan suami biasanya mendistribusikan dagangan mereka ke warung-warung, koperasi dan kantin/kedai di dekat sekolah-sekolah. Namun karena adanya pandemi covid 19, banyak sekolah yang diliburkan sehingga usaha mereka tidak bisa berjalan dengan semestinya.

Melihat kondisi tersebut, Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya Jangkang Qoriza Saumiddin memberikan bantuan kepada Masitah agar produksi roti ketawa tersebut semakin meningkat dan beliau dapat berdaya sehingga kendala pada modal usaha dapat teratasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement