Senin 15 Jun 2020 17:16 WIB

Alisson Harus Dapat Penghargaan Pemain Terbaik Liga Inggris

Neville menilai Becker telah menciptakan perubahan besar di tubuh Liverpool.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Kiper Liverpool, Alisson Becker.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Kiper Liverpool, Alisson Becker.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan pemain Manchester United (MU) Gary Neville berpendapat penjaga gawang Liverpool Alisson Becker harus memenangkan penghargaan pemain terbaik Liga Inggris tahun depan. Ia menilai Becker telah menciptakan perubahan besar di tubuh Liverpool sejak bergabung dari AS Roma.

Pemain Liverpool diperkirakan akan mendominasi daftar pemain terbaik tahun ini begitu musim berakhir. The Reds unggul 25 poin dari Manchester City di urutan kedua klasemen sementara Liga Inggris. Dengan sembilan sisa pertandingan lagi, Liverpool sudah di ambang gelar juara.

Baca Juga

Neville menilai sebagian besar kesuksesan Liverpool karena kekuatan pertahanan mereka. Musim ini, Mohamed Salah dan kawan-kawan memiliki rekor pertahanan terbaik di Liga Inggris dengan selisih gol +45 dengan hanya kebobolan 21 kali sepanjang tahun ini.

Alasan ini membuat Neville percaya Becker sosok yang harus diberikan penghargaan karena penampilannya yang mengesankan. Neville bahkan menyamakan situasi yang dialami Becker sama dengan mantan penjaga gawang MU Edwin Van Der Sar. Pada masa lalu, kiper asal Belanda tersebut sukses mempersembahkan empat gelar Liga Inggris selama di Old Trafford.

Sebelum kedatangan Becker, Liverpool lemah di posisi penjaga gawang. Neville kemudian melihat ada perubahan signifikan sejak pemain asal Brazil tersebut bergabung.

“Saya pikir Alisson telah membuat Liverpool memenangkan Liga. Ketika orang-orang berbicara tentang van Dijk sebagai bagian yang hilang, saya pikir ada elemennya. Tetapi ketika saya kembali ke dua tahun atau tiga tahun yang lalu, saya sangat kritis terhadap para penjaga gawang yang ada di Liverpool,” kata Neville, dilansir dari Express, Senin (15/6).

Sebelum kedatangan Becker, ia pernah mengatakan bahwa Liverpool tak akan pernah meraih gelar Liga Inggris jika penjaga gawang yang dipakai bermain buruk. Neville mengeklaim, pelatih Liverpool Jurgen Klopp pernah marah dan menertawakan pendapat Neville.

“Tapi begitu Allison datang - saya melihatnya di Manchester United bersama Schmeichel kemudian saya melihatnya di periode berikutnya di mana kami memiliki kebesaran dengan Van Der Sar. Setelah kiper Anda tenang, berwibawa, menyelamatkan sebagian besar tembakan ke gawang, memberi kepercayaan diri kepada seluruh tim, dampaknya benar-benar luar biasa,” kata Neville menegaskan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement