Selasa 16 Jun 2020 06:05 WIB

Matinya Perjanjian Oslo, Bagaimana Nasib Palestina?

Israel terus melanggar kesepakatan dengan Palestina dan kini akan aneksasi Tepi Barat

Rep: Anadolu/ Red: Elba Damhuri
Pengunjuk rasa melambaikan bendera Palestina saat terjadi bentrokan di dekat perbatasan dengan Israel di timur Kota Gaza, Jumat (15/12). Demonstran memprotes keputusan Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Pengunjuk rasa melambaikan bendera Palestina saat terjadi bentrokan di dekat perbatasan dengan Israel di timur Kota Gaza, Jumat (15/12). Demonstran memprotes keputusan Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Iftikhar Gilani 

ANKARA -- Tak lama sebelum tengah malam pada suatu hari di bulan Agustus 1993, telepon berdering di markas Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Boldj Cedria, satu jam perjalanan dari Tunis, ibu kota Tunisia.

Penelepon dari ibu kota Swedia, Stockholm --seorang sosiolog Norwegia bernama Terje Rod-Larsen-- mengatakan "kakek" ingin berbicara dengan "kakek Palestina."

Rod-Larsen adalah tokoh kunci dalam perundingan 1990-an yang mengarah pada Kesepakatan Oslo --perjanjian pertama antara Israel dan PLO.

Dalam komunikasi rahasia, Menteri Luar Negeri Israel Shimon Peres diberi nama sandi "kakek" dan kepala PLO Yasser Arafat adalah "kakek Palestina."

Negosiasi rahasia, yang telah dimulai sejak 1980-an, memperoleh momentum ketika Yitzhak Rabin menjadi perdana menteri Israel pada 1992, tetapi mengalami hambatan pada Juli 1993.

Menurut Rod-Larsen, sebulan kemudian, ketika di sebuah pertemuan keluarga di kota asalnya, bermil-mil jauhnya dari ibu kota Norwegia, Oslo, ia menerima telepon dari Menteri Luar Negeri Israel Shimon Peres, yang memintanya segera terbang ke Stockholm.

"Setelah menyelesaikan perjanjian dan makan malam resminya, Peres tiba di hotel larut malam dan meminta saya untuk menghubungi tim Palestina, karena ia ingin mengakhiri negosiasi dengan cara apa pun," kenang diplomat Norwegia itu dalam sebuah percakapan dengan Anadolu Agency.

“Saya mencoba semua nomor Ahmed Ali Mohammed Qurei atau Abu Alaa, kepala tim negosiasi Palestina, dan istrinya. Tapi saya tidak bisa melacaknya. Akhirnya, saya berpikir memanggil Arafat di Tunis secara langsung. Dia mengangkat teleponnya sendiri dan saya mengatakan kepadanya bahwa "kakek" ada di sini bersama saya dan ingin berbicara."

Secara kebetulan, seluruh tim negosiasi Palestina, termasuk Abu Alaa, berada di markas PLO dan baru saja menyelesaikan pertemuan dengan Arafat.

“Dia [Arafat] memanggil mereka lagi dan kami memulai negosiasi melalui telepon. Pada pagi hari, kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan,” kata Rod-Larsen, yang mulai memfasilitasi negosiasi pada 1991 dengan kedok proyek penelitian tentang kondisi ekonomi Gaza.

Negosiasi rahasia

Menteri Luar Negeri Norwegia Johan Holst dan Joel Singer, penasihat hukum Kementerian Luar Negeri Israel, juga telah bergabung dalam pembicaraan hingga larut itu.

Antara 1991 dan 1993, negosiator Israel dan Palestina bertemu beberapa kali di Oslo dan ibu kota dunia lainnya, di bawah kedok mempelajari Gaza yang dilakukan Institut Ilmu Sosial Terapan (FAFO) yang dipimpin oleh Rod-Larsen.

Istri Rod-Larsen, Mona Juul, seorang pejabat di Kementerian Luar Negeri Norwegia, menghadiri negosiasi ini atas nama pemerintah.

Beberapa hari kemudian, Peres diam-diam menandatangani perjanjian dengan delegasi Palestina di Oslo, sebelum Rabin dan Arafat mencapnya secara terbuka di hadapan Presiden AS Bill Clinton di Washington pada 13 September 1993.

Pada dasarnya, perjanjian itu menyerukan penarikan pasukan Israel dari Jalur Gaza dan Tepi Barat, dan menegaskan hak Palestina atas pemerintahan sendiri. Juga, pembentukan Otoritas Pemerintahan Sendiri Sementara Palestina dengan Arafat sebagai kepala.

Namun kesepakatan meninggalkan isu-isu penting seperti perbatasan, Yerusalem, pengungsi, permukiman, dan keamanan.

Perjanjian Sementara di Tepi Barat dan Jalur Gaza (Oslo 2) ditandatangani pada 28 September 1995, memberi warga Palestina hak memerintah sendiri di Betlehem, Hebron, Jenin, Nablus, Qalqilya, Ramallah, Tulkarm, dan sekitar 450 desa lainnya.

Mati dan dikuburkan

Tetapi setelah pembunuhan perdana menteri Rabin pada tahun yang sama, Israel berhenti menyerahkan wilayah dan kekuasaan kepada Palestina, atau melanjutkan ketentuan-ketentuan kunci lain dari perjanjian tersebut.

Diplomat dan politisi Israel Uri Savir, yang mengepalai tim perunding Israel, mengatakan kelemahan terbesar upaya perdamaian Oslo adalah pesannya tidak cukup disaring untuk rakyat.

Dia berpendapat baik pembuat kebijakan Israel dan Palestina sering bereaksi terhadap kritik internal dengan mempertahankan bahwa diplomasi adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan kebijakan tradisional.

Namun, akhir-akhir ini, rencana pemerintah Tel Aviv yang baru untuk mencaplok lebih dari 30% Tepi Barat yang diduduki telah memberikan pukulan fatal pada Kesepakatan Oslo yang diperoleh dengan susah payah.

Karena itu, hanya masalah waktu saja ketika Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengumumkan penarikan semua perjanjian dan kesepakatan keamanan dengan Israel dan AS, memukul paku terakhir di peti mati perjanjian-perjanjian ini.

"Presiden AS Donald Trump memerintahkan kedutaan besar Amerika di Israel dipindahkan ke Yerusalem, tindakan ilegal menurut hukum internasional," kata Imad Harb, direktur penelitian di Arab Center Washington (ACW).

Langkah ini mengakhiri hubungan apa pun antara Palestina dan AS. Dia juga mengakui aneksasi ilegal Israel atas Dataran Tinggi Golan Suriah pada tahun 1981.

Dia mengatakan pengumuman Abbas mungkin tidak mengganggu pemerintahan Trump atau memaksa Israel untuk mengubah arah, tetapi ada kemungkinan itu akan membentuk persatuan nasional di Palestina.

"Apa yang masih harus dilakukan adalah agar Palestina menegaskan kembali prioritas persatuan nasional, membangun kembali institusi mereka, memilih kepemimpinan baru, dan menulis ulang kata-kata dan melakukan agenda pembebasan nasional mereka," katanya kepada Anadolu Agency.

Pada sebuah program lembaga think tank AS tentang Hubungan Luar Negeri, Martin Sean Indyk, mantan utusan AS untuk Israel, mengatakan sejak mengambil alih kekuasaan pada Mei 1996, pemerintah Israel yang dipimpin oleh Likud dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, secara konsisten telah mengambil tindakan sepihak. Tindakan ini dirancang untuk menentukan terlebih dahulu hasil dari setidaknya dua masalah: permukiman dan Yerusalem.

Faktor-faktor di belakang Oslo

Para ahli ingat bahwa benih-benih negosiasi Oslo ditaburkan hanya setahun setelah Camp David Accords ditandatangani oleh Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin pada 17 September 1978. Ini dilakukan setelah 12 hari negosiasi rahasia di resor kepresidenan Amerika .

Pada tahun 1979, cadangan minyak yang sangat besar ditemukan di sepanjang laut Norwegia. Banyak kelompok Kristen dan Yahudi memberikan tekanan pada Norwegia untuk menjual cadangan ini ke Israel, karena negara-negara Arab yang kaya minyak merampas kebutuhan energi Tel Aviv.

Setelah Revolusi Iran tahun 1979, pasokan energi Israel telah mengering. Dalam 150 anggota parlemen Norwegia, 86 anggota parlemen membentuk kelompok yang disebut Friends of Israel untuk melobi memasok cadangan minyak ke Israel.

Tetapi Perdana Menteri Norwegia Odvar Nordli memutuskan untuk berkonsultasi dengan negara-negara Arab, yang menentang gagasan itu, dengan alasan bahwa hal itu akan menghilangkan pengaruh kecil apa pun yang mereka pegang dan membuat Israel semakin resisten terhadap perjanjian damai apa pun.

 

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement