Senin 15 Jun 2020 16:18 WIB

Positif Covid-19 Tambah 1.017, Jatim Masih Teratas

Penambahan kasus positif Corona di Jatim mencapai 270 orang.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Teguh Firmansyah
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.
Foto: @BNPB_Indonesia
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 tercatat mengalami penambahan sebanyak 1.017 orang dalam 24 jam terakhir. Dari angka tersebut, Jawa Timur menyumbang kasus baru terbanyak yakni 270 orang.

Kemudian disusul DKI Jakarta dengan 142 kasus baru, Jawa Tengah dengan 116 kasus, Sulawesi Selatan dengan 101 kasus baru, Kalimantan Selatan dengan 66 kasus baru, dan provinsi lainnya dengan angka yang lebih kecil. Sehingga akumulasi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Tanah Air sampai saat ini sebanyak 38.277 orang.

Baca Juga

Dalam satu pekan terakhir, penambahan kasus harian memang konsisten di atas angka 800 orang. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengklaim, penambahan kasus baru ini disebabkan kapasitas uji laboratorium yang semakin meningkat.

Namun jika dilihat data, jumlah spesimen yang diperiksa pada 24 jam terakhir 'hanya' 8.766 spesimen. Angka ini anjlok lebih dari separuh dibanding sehari sebelumnya, Ahad (14/6), dengan 18.760 spesimen yang diperiksa. Artinya, hanya dengan pemeriksaan spesimen menurun jauh saja, angka penambahan hari ini sudah tembus 1.000 orang.

"Kami sudah berupaya maksimal agar seluruh lab tidak berhenti beroperasi meski di hari libur. Namun ternyata beberapa lab di rumah sakit dan beberapa lab di perguruan tinggi masih menerapkan hari libur. Sehingga pemeriksaan menurun," jelas Yurianto dalam keterangan pers, Senin (15/6).

Yurianto menegaskan bahwa Gugus Tugas pusat telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan di provinsi-provinsi yang angka kasusnya masih tinggi untuk menggencarkan pelacakan kontak. Pelacakan kontak ini dilakukan dengan cara mengetes seluruh pihak yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif Covid-19.

"Semua kasus kontak positif dengan orang yang kita rawat kita lakukan tarcing dan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan. Angka ini yang berkontribusi cukup besar di dalam capaian hasil yang didapat hari ini," jelasnya.

Selain penambahan kasus baru yang masih tinggi, jumlah pasien sembuh juga terus meningkat. Tercatat ada 592 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh pada hari ini, sehingga jumlah pasien sembuh secara kumulatif sebanyak 15.123 orang.

Beberapa provinsi juga mencatatkan jumlah pasien sembuh yang lebih banyak dari penambahan kasus positifnya. Papua misalnya, mencatatkan nol kasus baru pada hari ini dan 63 pasien sembuh. Kemudian ada Banten dengan 3 kasus positif baru dan 20 pasien sembuh. Lalu ada Bali dengan 19 kasus positif baru, dengan 28 pasien dinyatakan sembuh.

"Ini berikan gambaran bahwa optimisme kita covid bisa disembuhkan. Kita sudah melihat pergerakan kasus sembuh demikian cepat dan masif. Dan ini adalah gambaran bahwa treatment penderita covid bisa berjalan dengan baik," kata Yurianto.

Di samping itu, ada penambahan 64 pasien yang meninggal dunia pada hari ini. Total pasien yang meninggal dunia dengan status positif Covid-19 per hari ini sebanyak 2.198 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement