Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Khabib Kenang Perjuangan Hijrah Rasul dan Abu Bakar

Selasa 16 Jun 2020 00:01 WIB

Red: Didi Purwadi

Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov

Foto: AP/John Locher
Khabib Nurmagomedov mengunggah foto saat dirinya napak tilas ke Gua Tsur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Khabib Nurmagomedov terkenang perjuangan Rasulullah SAW bersama sahabat Abu Bakar Ash-Shiddiq. Lewat akun Instagramnya, petarungan MMA asal Rusia itu memosting foto pengalaman rohaninya saat napak tilas ke Gua Tsur.

''Bersama saudara (seiman), beberapa tahun lalu, mereka mendaki Gunung Tsur, yang terletak di selatan Mekkah, 5 kilometer dari kota, dimana Nabi Muhammad SAW berlindung bersama Abu Bakar,'' tulis Khabib dalam postingan Instagramnya tersebut.

Khabib bersama lima saudara Muslim berfoto di lokasi Gua Tsur. Pemegang sabuk juara dunia kelas ringan UFC itu berdiri di tengah. Dengan latar pemandangan kota Mekkah yang berbukit-bukit. 

Gua Tsur merupakan sebuah gua yang terletak sekitar lima sampai tujuh kilometer dari Makkah ke arah Thaif. Gua Tsur berada di salah satu puncak Jabal Tsur, sebuah gunung yang cukup tinggi, terjal dan berbatuan. Struktur dan bentuk gunung ini menyulitkan para peziarah untuk mendaki sampai ke Gua Tsur.

Postingan Khabib mendapat 897 ribu like dan 5000an komentar dalam sehari terakhir ini.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Khabib Nurmagomedov (@khabib_nurmagomedov) pada

Gua Tsur memang menjadi saksi perjuangan Rasul dan para sahabat dalam menyebarkan Islam. Seperti dikutip dari Kisah Laba-Laba Gua Tsur, Rasul dan Abu Bakar bersembunyi di Gua Tsur dari kejaran kaum kafir Quraisy.

Allah SWT memerintahkan seekor laba-laba untuk membuat sarang di mulut gua. Dengan begitu, kaum kafir Quraisy mengira tidak ada orang di dalam Gua Tsur. Adanya sarang laba-laba menjadi penanda bahwa tidak ada orang yang masuk ke dalam gua.

Dua ekor burung dara juga datang dan bertelur di jalan masuk ke dalam gua. Sebatang pohon tumbuh dan menjulaikan dahan-dahannya ke mulut gua. Jadi, menurut mereka, tidak mungkin orang masuk ke dalam gua kalau tidak dengan menyingkirkan dahan-dahannya. 

Selama tiga hari Nabi Muhammad dan Abu Bakar bersembunyi di Gua Tsur. Mereka akhirnya lolos dari kejaran kaum kafir dan hijrah ke Madinah.

Cuplikan peristiwa hijrah terjadi di Gua Tsur tersebut diabadikan Allah SWT dalam Alquran surah al-Anfal ayat 30. Sedangkan, peristiwa yang dialami Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar selama dalam gua diabadikan dalam Alquran surah at-Taubah ayat 40. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA