Ahad 14 Jun 2020 20:57 WIB

Atletico Madrid Tertahan di Markas Athletic Bilbao

Atletico Madrid bemain imbang 1-1 dengan Athletic Bilbao di Stadion San Mames.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Atletico Madrid Diego Costa saat menjebol gawang Athletic Bilbao dalam pertandingan La Liga Spanyol di Stadion San Mames, Bilbao, Ahad (14/6).
Foto: EPA-EFE/Luis Tejido
Penyerang Atletico Madrid Diego Costa saat menjebol gawang Athletic Bilbao dalam pertandingan La Liga Spanyol di Stadion San Mames, Bilbao, Ahad (14/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BILBAO -- Atletico Madrid semakin tercecer dalam persaingan gelar juara La Liga Spanyol musim 2019/2020. Los Rojiblancos kini tertinggal 15 poin dari pemuncak klasemen Barcelona setelah meraih hasil minor pada laga pekan ke-28 La Liga. Atletico bahkan keluar dari posisi empat besar klasemen sementara setelah ditahan imbang Athletic Bilbao 1-1 pada laga di Stadion San Mames, Bilbao Ahad (14/6). 

Duel di markas Athletic ini jadi laga perdana buat kedua tim setelah penghentian sementara La Liga musim ini selama tiga bulan akibat pandemi Covid-19. Di lini depan, pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, menurunkan duet Yannick Carasco dan Diego Costa. Sedangkan, Bilbao mengandalkan Inaki Williams sebagai penyerang tunggal.

Baca Juga

Peluang pertama laga ini didapatkan Atletico Madrid lewat aksi Yannick Carasco, tepatnya pada menit ke-17. Setelah melakukan umpan satu-dua dengan Marcos Llorente, penyerang asal Belgia itu melepaskan tembakan mendatar. Sayang, bola masih melebar di sisi kanan gawang Bilbao.

Pada menit ke-27, giliran tim tuan rumah yang mendapatkan peluang emas. Williams sukses menanduk bola hasil umpan lambung dari sisi kanan pertahanan Los Rojiblancos. Namun, bola hasil sundulan Williams itu dengan mudah ditangkap oleh kiper Atletico, Jan Oblak. Penjaga gawang asal Slovenia itu kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-33. Oblak sukses menghalau bola hasil tandukan keras winger Bilbao, Raul Garcia. 

Kendati begitu, pada menit ke-37, Oblak terpaksa memungut bola dari gawangnya. Bola hasil sontekan Iker Muniain dari dalam kotak penalti tidak bisa ditangkap Oblak. Muniain sukses mencetak gol usai memanfaatkan umpan tarik dari bek kanan Yuri Berchiche. Namun, gol Muniain itu ternyata hanya bertahan kurang dua menit. 

Diego Costa sukses mencetak gol balasan dari Los Rojiblancos. Eks penyerang Chelsea itu berhasil lolos dari jebakan offside. Setelah menerima umpan terobosan dari Koke, Costa, yang mampu lolos dari jebakan offside, dengan mudah menaklukan kiper Bilbao, Unai Simon. Skor 1-1 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, baik Atletico tampil lebih hati-hati. Los Rojiblancos tidak mau kembali kecolongan gol. Alhasil, tim tuan rumah tercatat lebih sering memegang kendali permainan dengan penguasaan bola mencapai 63,5 persen, terutama pada 20 menit awal babak kedua. Sementara Los Rojiblancos hanya sesekali berusaha membongkar pertahanan Bilbao lewat penetrasi lewat sisi sayap. 

Mencoba menyegarkan permainan timnya. Simeone melakukan tiga pergantian pemain sekaligus pada menit ke-63. Di lini serang, Alvaro Morata masuk menggantikan Costa. Sementara di lini belakang, Santiago Arias menggantikan Kieran Trippier. Selain itu, Yannick Carasco juga ditarik keluar dan digantikan Thomas Lemar.

Namun, serangkaian pergantian pemain yang dilakukan Simeone belum bisa membuat Atletico menambah catatan gol di laga ini. Pun saat Thomas Lemar mengeksekusi tendangan bebas di depan kotak penalti Bilbao. Bola hanya membentur pagar betis para pemain Bilbao. Di sisi lain, Bilbao juga terus mengalami kebuntuan saat berada di sepertiga akhir lapangan.

Pada menit ke-80, peluang emas kembali didapatkan Atletico Madrid. Arias berusaha memanfaatkan bola rebound halauan Simon. Namun, kiper Bilbao itu dengan sigap kembali berdiri dan sukses tendangan Arias. Hingga laga berakhir, skor imbang tak berubah.

Hasil ini membuat posisi Bilbao tak berubah di peringkat kesepuluh dengan nilai 38. Sementara Atletico berada di posisi keenam dengan nilai 46, kalah selisih gol dari Getafe dan Real Sociedad.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement