Ahad 14 Jun 2020 16:22 WIB

Positif Covid-19 Tambah 857, Jatim Tetap Tertinggi

Angka penambahan kasus Covid-19 di Jatim mencapai 196 orang.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Teguh Firmansyah
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.
Foto: @BNPB_Indonesia
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 857 orang dalam 24 jam terakhir, sehingga kumulatif kasus positif Corona sampai hari ini sebanyak 38.277 orang. Angka positif ini didapat dari pemeriksaan spesimen dalam satu hari terakhir yang mencapai 18.760 tes.

Jawa Timur masih menjadi provinsi dengan penambahan kasus harian tertinggi, yakni 196 kasus baru. Kemudian disusul Sulawesi Selatan dengan 133 kasus baru, DKI Jakarta dengan 117 kasus baru, Jawa Tengah dengan 113 kasus baru, Kalimantan Selatan dengan 70 kasus baru, dan provinsi lainnya dengan angka yang lebih kecil.

Baca Juga

Pemerintah mengklaim, angka penambahan kasus yang konstan tinggi dalam satu pekan terakhir disebabkan pemeriksaan PCR dan tes cepat molekular yang semakin masif.

"Ini upaya agresif kita melakukan tracing penelusuran dari kasus positif disertai dengan upaya untuk testing atau pemeriksaan lab terhadap kasus yang ditemukan masif. Ini gambaran kita bersungguh-sungguh hentikan penyebaran Covid," jelas Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, Ahad (14/6).

Pemerintah juga mencatat ada 22 provinsi di Indonesia yang melaporkan penambahan kasus baru harian di bawah 10 orang. Bahkan ada enam provinsi dengan penambahan nol kasus pada hari ini, yakni Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Riau, dan Gorontalo.

"Kalau kita perhatikan, peningkatan kasus disebabkan karena semakin agresif tracing oleh Dinkes setempat. Kajian kontak erat dari kasus positif yang dirawat dan dilakukan tracing dan pemeriksaan baik PCR dan TCM memberikan gambaran tinggi," jelasnya.

Selain penambahan kasus, jumlah pasien yang sembuh juga meningkat 755 orang dalam 24 jam terakhir. Sehingga jumlah pasien sembuh dari Covid-19 di Tanah Air sebanyak 14.531 orang. Sedangkan pasien yang meninggal dunia juga bertambah 43 orang, sehingga jumlahnya naik menjadi 2.134 pasien yang meninggal dengan status positif Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement