Ahad 14 Jun 2020 10:15 WIB

Pertamina Kukuhkan Pejabat Lima Subholding

Pada manajemen subholding, Pertamina menempatkan pekerja karir muda dan berkualitas.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Fuji Pratiwi
Gedung PT Pertamina. PT Pertamina melakukan penunjukan dan pengukuhan pejabat lima subholding yang akan menjadi nakhkoda di lima perusahaan tersebut.
Foto: pertamina
Gedung PT Pertamina. PT Pertamina melakukan penunjukan dan pengukuhan pejabat lima subholding yang akan menjadi nakhkoda di lima perusahaan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sesuai Surat Keputusan No. SR-396/MBU/06/2020 tanggal 12 Juni 2020, PT Pertamina melakukan penunjukan dan pengukuhan pejabat lima subholding yang akan menjadi nakhkoda di lima perusahaan tersebut.

VP Corporate Communication PT Pertamina, Fajriyah Usman mengungkapkan, acara yang dilaksanakan pada Sabtu (13/6) dengan total 36 pejabat yang dikukuhkan juga menjadi pengalaman baru dan sangat berkesan. Selain diiringi lagu Bagimu Negeri yang syahdu dan membawa semangat nasionalisme, pengukuhan massif ini pun dijalankan dengan memanfaatkan teknologi digital melalui konferensi video sebagai bagian dari ketaatan Pertamina terhadap protokol pencegahan Covid-19.

Baca Juga

Fajriyah menjelaskan, pada struktur manajemen subholding, Pertamina konsisten menempatkan direksi dari sejumlah pekerja karir yang relatif muda dan berkualitas tinggi. Mereka diharapkan menjadi energi baru dan sebagai upaya Pertamina mempersiapkan pemimpin masa depan.

Selain itu, komposisi manajemen juga diperkuat dengan profesional eksternal yang berpengalaman dan diharapkan banyak melakukan terobosan baru untuk pertumbuhan bisnis ke depan. "Beberapa wanita juga berada di antara direksi subholding tersebut," ungkap Fajriyah, akhir pekan ini.

Selain itu, pejabat sebelumnya, sebagai senior juga turut hadir dan ikhlas melepaskan estafet kepemimpinan pada penerusnya. Serah terima jabatan dapat langsung dilakukan dan diikuti pembacaan komitmen pejabat baru untuk mencapai kinerja dan kepatuhan untuk pelaporan LHKPN dan implementasi HSSE.

Fajriyah mengungkapkan, pejabat Chief Executive Officer (CEO) masing-masing subholding yang dikukuhkan oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati sebagai pemegang saham pada Sabtu, 13 Juni 2020 adalah:

- CEO Upstream Subholding (PT Pertamina Hulu Energi) dijabat Budiman Parhusip.

- CEO Refinery & Petrochemical Subholding (PT Kilang Pertamina Internasional) Ignatius Tallulembang dengan didampingi Deputy CEO Budi Syarif Santoso.

- CEO Power & NRE Subholding (PT Pertamina Power Indonesia) Heru Setiawan.

- CEO Commercial & Trading Subholding (PT Patra Niaga) Mas'ud Khamid.

- CEO Shipping Company (PT Pertamina International Shipping PIS) Erry Widiastono

Farjiyah mengatakan, beberapa CEO Subholding sebelumnya adalah Direksi Pertamina. Sedangkan Dharmawan H Samsu serta Basuki Trikora Putra mendapat tugas baru sebagai komisaris.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement