Sabtu 13 Jun 2020 16:46 WIB

3 Bukti Umar Bin Khattab Diberi Allah SWT Ilham Istimewa

Allah SWT memberikan ilham yang kuat kepada Umar bin Khattab.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT memberikan ilham yang kuat kepada Umar bin Khattab. (ilustrasi) Khalifah Umar
Foto: tangkapan layar wikipedia
Allah SWT memberikan ilham yang kuat kepada Umar bin Khattab. (ilustrasi) Khalifah Umar

REPUBLIKA.CO.ID, Sahabat Nabi Muhammad SAW, Umar bin Khattab RA, merupakan pribadi yang diberikan kekuatan berupa ilham yang sangat kuat. 

Ada tiga sikapnya yang bertetapan dengan ketetapan Allah SAW. Dikutip dari buku Inilah Faktanya, karya Utsman bin Muhammad al-Khamis, Umar RA menyatakan sebagai berikut:

Baca Juga

"Ada tiga sikapku yang bertepatan dengan ketetapan Rabbku. Pertama, aku berkata: 'Wahai Rasulullah, bagaimana jika kita menjadikan Maqam Ibrahim (tempat Nabi Ibrahim AS berdiri ketika membangun Ka'bah) sebagai tempat shalat?' Maka turunlah ayat: 

وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى ۖ '... Dan jadikanlah Maqam Ibrahim itu tempat sholat...' (QS Al Baqarah: 125).

Kedua, ayat hijab. Aku berkata: 'Wahai Rasulullah, bagaimana jika engkau memerintahkan istri-isti engkau untuk berhijab? Karena orang yang baik dan yang jahat berbicara dengan mereka'. Maka, turunlah ayat hijab.

Ketiga, ketika istri-istri Nabi SAW berkumpul karena cemburu terhadap beliau, aku berkata: 'Jika Nabi SAW menceraikan kalian boleh jadi Rabbnya akan memberikan ganti dengan istri-istri yang lebih baik daripada kalian'. Maka turunlah ayat ini (muttafaq 'alaihi):

عَسَىٰ رَبُّهُ إِنْ طَلَّقَكُنَّ أَنْ يُبْدِلَهُ أَزْوَاجًا خَيْرًا مِنْكُنَّ مُسْلِمَاتٍ مُؤْمِنَاتٍ قَانِتَاتٍ تَائِبَاتٍ عَابِدَاتٍ سَائِحَاتٍ ثَيِّبَاتٍ وَأَبْكَارًا

'Jika dia (Nabi) menceraikan kamu, boleh jadi Rabb akan memberi ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik dari kamu...'" (QS At-Tahrim: 5).

Maksudnya adalah apadila dia (Nabi) menceraikan salah seorang di antara kamu, boleh jadi Rabb akan memberi ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik daripada kamu. Yakni perempuan-perempuan yang patuh, yang beriman yang selalu taat, yang bertaubat, yang beribadah, yang berpuasa, yang janda maupun yang perawan.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement