Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

OK Computer Radiohead Terpilih Jadi Album Ultimate 90s

Sabtu 13 Jun 2020 16:46 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

OK Computer dibuat Radiohead di musim gugur tahun 1996.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Album ketiga Radiohead yang dirilis tahun 1997 'OK Computer', terpilih menjadi Album Ultime 90’s berdasar hasil poling teranyar dari Sounds of the 90s Fearne Cotton di BBC Radio 2 Inggris. Album 'OK Computer' berhasil mengungguli album band rock kesohor lainnya seperti Muse, Nirvana dan U2.

Di awal rilis tahun 1997, 'Ok Computer' sempat menjadi nomor satu di UK Albums Chart dan memenangkan Best Music Music Album di Grammy Awards pada tahun 1998. 'OK Computer' memang tak sekadar musik, namun ibarat catatan sejarah tentang bagaimana teknologi dan internet mulai menguasai berbagai tatanan kehidupan masyarakat di dunia.

Pemain bass Radiohead, Colin Greenwood menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pendengar yang telah memberikan suara untuk ‘OK Computer’. Greenwood mengatakan bahwa 'OK Computer' dibuat ketika musim gugur tahun 1996, mayoritas lagu direkam di kediaman bangsawan era Tudor dengan ditemani cahaya-cahaya lilin.

“Itu merupakan pengalaman yang luar biasa bagi kami,” kenang Greenwood.

Dua lagu di album OK Computer yang dia favoritkan adalah 'Let Down' dan 'Paranoid Android'. Lagu 'Paranoid Android' menjadi favorit lantaran dalam lagu itu dia memainkan perkusi dengan sangat buruk, sementara yang istimewa dari 'Let Down' karena lagu itu jarang dimainkan secara langsung.

“Saya hanya benar-benar bersyukur dan bahagia saat mengetahui banyak orang yang menyukai album ini,” jelas Greenwood seperti dilansir laman Contact Music, Sabtu (13/6).

Drummer Radiohead Philip Selway juga berterima kasih kepada pendengar Radio 2 karena memilih 'OK Computer' sebagai Album Your Ultimate 90s. Kesuksesan album ‘OK Computer’ tak lepas dari peran sang produser Nigel Godrich yang menurut Selway, Godrich sangat membebaskan Radiohead untuk mengeksplorasi musik secara bebas.

“Lagu favorit saya di album ini adalah 'Let Down', kami merekam lagu itu di rumah bangsawan Tudor, dan setiap kali saya mendengarnya, saya dapat dengan mudah menempatkan diri saya kembali ke suatu malam di mana kami berlima membuat lagu-lagu di sana,” kata Selway.

Jajak pendapat untuk Your Ultimate 90s Album ini dikuratori oleh panel ahli musik termasuk Kepala Radio 2 BBC Musik Jeff Smith, Editor Music Week Mark Sutherland, dan Ana Matronic. Berikut 10 album teratas dari hasil jajak pendapat untuk Your Ultimate 90s:

1. Radiohead - 'OK Computer'

2. Oasis - '(What's The Story) Morning Glory'

3. Nirvana - 'Nevermind'

4. Oasis - 'Definitely Maybe'

5. REM - 'Automatic For The People'

6. Pulp - 'Different Class'

7. Alanis Morissette - 'Jagged Little Pill'

8. The Verve - 'Urbans Hymns'

9. Primal Scream - 'Screamadelica'

10. U2 - 'Achtung Baby'



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA