Sabtu 13 Jun 2020 01:06 WIB

Tujuh Manfaat Kesehatan Jeruk Menurut Pakar Nutrisi

Buah jeruk dengan rasa asam manis ternyata memiliki berbagai khasiat lain.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Buah jeruk dengan rasa asam manis ternyata memiliki berbagai khasiat lain (Foto: ilustrasi buah jeruk)
Foto: ©DREAMSTIME
Buah jeruk dengan rasa asam manis ternyata memiliki berbagai khasiat lain (Foto: ilustrasi buah jeruk)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika memikirkan tentang manfaat kesehatan dari buah jeruk, hal pertama yang terbersit bisa jadi adalah kandungan vitamin C yang berlimpah. Tidak hanya itu, buah dengan rasa asam manis ini ternyata memiliki berbagai khasiat lain.

Kaya air

Baca Juga

Sebutir buah jeruk berukuran sedang memasok setengah cangkir atau sekitar empat ons air. Jeruk yang kaya air sangat berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan cairan harian. Cukup minum membantu mengoptimalkan fungsi organ dan memaksimalkan metabolisme.

Mengandung serat

Terdapat sekitar tiga gram serat dalam satu buah jeruk ukuran sedang, atau sekitar 12 persen dari total jumlah serat harian yang ideal. Serat mendukung fungsi pencernaan, membantu mengatur kadar gula darah, dan bisa memperbaiki kualitas tidur seseorang.

Tinggi vitamin C

Kualitas jeruk yang sangat dikenal ini memang benar adanya. Mengonsumsi satu buah jeruk sama dengan memasok 80 persen kebutuhan vitamin C harian. Nutrisi ini mengurangi peradangan, meningkatkan kemampuan tubuh membakar lemak, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Memasok nutrisi penting

Kalium dan folat adalah dua nutrisi penting yang ada dalam jeruk. Kalium mendukung fungsi jantung, kontraksi otot, dan massa otot; sementara folat menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Jeruk pun mengandung kalsium, magnesium, vitamin A, dan vitamin B.

photo
Jeruk (Ilustrasi)

Antioksidan super

Antioksidan flavonoid pada jeruk memberikan manfaat antiinflamasi, antivirus, dan antimikroba. Kandungan ini juga menjaga kesehatan mental serta membuat tubuh bertahan melawan stres oksidatif atau ketidakseimbangan akibat produksi radikal bebas.

Kulit yang berkhasiat

Nutrisi jeruk tidak hanya ada pada bagian daging buahnya, tapi juga di bagian kulit. Menurut penelitian, flavonoid dalam kulit jeruk dapat mencegah sel kanker bereproduksi, bertumbuh, dan menyebar dalam tubuh. Nutrisi itu juga mendukung apoptosis atau cara tubuh membunuh sel-sel disfungsional.

Manfaat jus jeruk

Menyantap jeruk utuh lebih mengenyangkan dan menyediakan lebih banyak serat, tetapi jus jeruk pun tidak kalah berkhasiat. Sebuah studi mengungkap bahwa minum jus jeruk bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif orang dewasa karena kandungan flavanone.

Cynthia Sass, pakar nutrisi yang berbasis di New York, Amerika Serikat, menyarankan cara sehat untuk mengonsumsi jeruk. Selain memakan daging buahnya atau memblendernya menjadi jus, jeruk bisa diperas kemudian dicampur dengan air serta mint atau jahe.

Apabila ingin mengonsumsi kulitnya, Sass menganjurkan memilih jeruk organik untuk mengurangi paparan residu pestisida. Parut kulit, kemudian tambahkan ke saus salad atau campurkan pada oatmeal, roti panggang, tumis kentang goreng, dan hidangan penutup lain.

"Saat menyantap jeruk sebagai camilan, kombinasikan dengan kacang atau biji-bijian, keju atau yogurt, serta zaitun. Cobalah berbagai varietas yang berbeda, seperti jeruk navel, jeruk merah, dan jeruk mandarin," ujarnya, dikutip dari laman Health, Sabtu (13/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement