Jumat 12 Jun 2020 23:00 WIB

Penyaluran BLT DD Aceh Diapresiasi

Penyaluran BLT DD tahap pertama sudah mendekati 90 persen.

Warga menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). (Ilustrasi).
Foto: Antara/Yusuf Nugroho
Warga menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BENDA ACEH -- Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap I di Aceh diklaim mendapat apresiasi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, Azhari mengatakan, apresiasi diberikan kepada Pemda Aceh.

"Apresiasi juga kepada seluruh pihak yang turut membantu proses percepatan penyaluran BLT DD sehingga penyalurannya menjadi cepat," kata Azhari di Banda Aceh, Jumat (12/6).

                               

Azhari menjelaskan, penyaluran BLT DD berlangsung di 23 kabupaten/kota berdasarkan PMK Nomor 50 tahun 2020 selama 6 bulan dimulai dari bulan April.

Untuk tiga bulan pertama (April, Mei, dan Juni) sebesar Rp 600 ribu per bulan per Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Selanjutnya, tiga bulan berikutnya (Juli, Agustus, dan September) sebesar Rp 300 ribu per bulan per KPM.                      

"Penyaluran tiga bulan pertama ditargetkan bisa tuntas pada akhir bulan Juni atau paling lambat awal Juli 2020. Sedangkan sisa 3 bulan berikutnya mudah-mudahan bisa berjalan sebagaimana mestinya," kata Azhari.

                               

Azhari menyebutkan BLT DD bulan April sudah disalurkan kepada 341.743 KK di 5.501 Gampong. Pada Mei sudah disalurkan kepada 84.979 KK di 1.424 Gampong dan bulan Juni sudah disalurkan kepada 2.815 KK di 53 Gampong di seluruh Aceh.

                               

Azhari merinci, secara keseluruhan penyaluran BLT DD tahap pertama sudah mendekati 90 persen. Bahkan, terdapat beberapa kabupaten/kota yang angka penyalurannya sudah mencapai 100 persen.

                               

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement