Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Masker Alami untuk Wajah Berminyak

Sabtu 13 Jun 2020 05:01 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

Mentimun yang dicampur putih telur dan mint bisa mengurangi minyak di wajah.

Mentimun yang dicampur putih telur dan mint bisa mengurangi minyak di wajah.

Foto: pixabay
Masker dari bahan di dapur bisa bantu kurangi minyak wajah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang dengan kulit berminyak adalah menggunakan bahan perawatan kulit yang terlalu kering. Alih-alih ingin mengurangi minyak, malah itu bisa meningkatkan produksi sebum pada wajah.

Produksi berlebih sebum dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Tapi jangan khawatir, masalah itu bisa mudah ditangani di rumah dengan beberapa bahan dapur sederhana.

Dilansir dari laman Times of India, Jumat (12/6), berikut 3 resep masker wajah alami untuk mengatasi wajah berminyak.

Resep 1: Putih telur, mentimun, mint
Salah satu bahan terbaik untuk kulit berminyak adalah putih telur. Ramuan ini membantu mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori dan menyerap minyak berlebih.

Mentimun, di sisi lain, akan membantu menenangkan kulit. Sementara mint, yang mengandung sifat anti-bakteri dan salisilat membantu memecah sebum dan mencegah jerawat.

Resep 2: Pisang, jus lemon, minyak zaitun
Pisang dapat membantu menghilangkan sebum berlebih dan mengangkat sel kulit mati. Lemon, yang bersifat asam juga membantu menyerap minyak berlebih. Terakhir, beberapa tetes minyak zaitun yang dicampur dengan bahan-bahan ini dapat membantu memerangi jerawat sambil memberi nutrisi pada kulit Anda.

Resep 3: Tepung gram, kunyit, yogurt
Tepung gram atau besan juga merupakan salah satu bahan terbaik untuk merawat kulit berminyak, karena membantu mengelupas dan mengembalikan keseimbangan minyak kulit Anda. Tepung gram yang dikombinasikan dengan kunyit dapat membantu membersihkan kulit.

Kunyit dikenal karena sifat antibakteri dan antiseptiknya akan membantu menyembuhkan jerawat dan mencegah timbulnya jerawat lebih lanjut. Mencampur bahan ini dengan yogurt akan membantu mengikat bahan-bahan tersebut dan juga mengunci kelembapan.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA