Jumat 12 Jun 2020 18:15 WIB

Ilmuwan Temukan Keberadaan Buaya Berkaki Dua

Keberadaan buaya berkaki dua didapatkan dari jejak kaki yang berusia 120 juta tahun.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Buaya (ilustrasi)
Foto: Republika/Subroto
Buaya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di zaman ini, buaya dikenal sebagai reptil bertubuh besar dengan empat kaki. Namun, dahulu kala, buaya yang dikenal dengan jenis Cretaceous berjalan menggunakan dua kaki, sebagaimana dibuktikan dengan jejak yang ditinggalkan.

Dilansir Gizmodo, fosil dari jejak kaki hewan kuno tersebut atau yang disebut sebagai Batrachopus grandis ditemukan di Sacheon Jahye-ri, Korea Selatan (Korsel). Diperkirakan ini berasal dari sekitar 110 juta hingga 120 juta tahun lalu.

Baca Juga

Seperti yang ditunjukkan oleh jejak kakinya, hewan menampilkan kaki belakang yang mirip dengan buaya. Namun tidak ada jejak kaki bagian depan maupun ekor yang menyeret. Tim penelitian internasional menyimpulkan bahwa makhluk yang meninggalkan jejak ini adalah buaya bipedal.

Dipublikasikan di jurnal Scientific Reports, penelitian menyebutkan hewan yang meninggalkan jejak ini sangat mirip buaya karena menyerupai dinosaurus theropoda bipedal atau berkaki dua, dengan kaki belakang yang panjang dan gaya berjalan yang sempit. Sebaliknya, buaya di zaman ini menonjolkan kaki pendek dan meninggalkan jejak lebar saat berjalan.

Kyung Soo Kim, penulis utama penelitian dan ahli paleontologi di Chinju National University of Education mengatakan ketika dikombinasikan dengan tidak adanya tanda-tanda ekor, menjadi jelas bahwa makhluk-makhluk ini bergerak secara bipedal. Mereka bergerak dengan cara yang sama seperti banyak dinosaurus, tetapi jejak kakinya tidak dibuat oleh dinosaurus.

Dinosaurus dan keturunan burung mereka berjalan di atas kaki mereka. Buaya berjalan di atas telapak kaki mereka meninggalkan jejak tumit yang jernih, seperti halnya manusia.

Analisis jejak kaki dan gaya berjalan menunjukkan bahwa buaya dua kaki ini cukup besar, berukuran hampir 10 kaki (3 meter), tetapi dengan posisi horizontal, tidak lebih tinggi dari pinggul manusia. Para penulis penelitian meyakini bahwa hewan ini sering mengunjungi tepi danau besar.

Hampir 100 jejak kaki dari berbagai situs ditemukan di lokasi jejak Sacheon Jahye-ri. Jejaknya terjaga dengan baik sehingga sebagian masih memperlihatkan pola kulit.

Hewan-hewan ini berjalan dari ujung ke ujung, tetapi tidak ada jejak tangan yang ditemukan, atau bukti adanya ekor yang terseret. Para peneliti mengesampingkan kemungkinan bahwa pembuat jalur ini melakukan semacam setengah berenang, setengah berjalan melalui air, karena itu akan menghasilkan alur ujung jari.

Satu yang menarik, penemuan terbaru menunjukkan bahwa jejak kaki hewan kuno yang ditemukan di lokasi lain di Korsel tidak tampak seperti yang tampak pada awalnya. Jejak yang ditemukan di Haman Formation, berasal dari periode Jurassic, yaitu hewan pterosaurus.

Ahli paleontologi, yang tidak yakin apa yang harus dibuat dari jalur ini, menduga pterosaurus udara mendarat dengan dua kaki dan kemudian mengarungi perairan dangkal untuk melindungi sayap mereka. Ini tidak benar-benar bertahan, karena pterosaurus adalah “hewan berkaki empat wajib”, yang berarti mereka hanya bisa berjalan dengan empat kaki.

Cetakan yang ditemukan di Sacheon Jahye-ri adalah dua kali ukuran yang ditemukan di Haman, berukuran lebih dari 9,45 inci (24 sentimeter) - ukuran yang jauh lebih konsisten dengan asal buaya.

"Jejak kaki dilestarikan dengan sangat baik dan struktur tepat untuk buata," ujar Martin Lockley, rekan penulis makalah baru dan seorang peneliti di University of Colorado Denver.

Penelitian baru ini berpotensi menunjukkan bahwa buaya bipedal muncul sekitar 200 juta tahun yang lalu selama periode Jurassic dan berlangsung hingga setidaknya Cretaceous. Patut dicatat bahwa interpretasi ini didasarkan pada jejak kaki, sebagai lawan dari fosil tulang. Batrachopus grandis tetap menjadi ichnospecies, dalam bahasa paleontologis, karena ini adalah "spesies" yang hanya dijelaskan oleh jejak fosil, yang dalam hal ini adalah serangkaian jejak kaki yang terpelihara dengan baik.

Idealnya, para ilmuwan akan menemukan beberapa tulang untuk dicetak. Ini dipastikan semakin memperkuat keberadaan buaya berkaki dua.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement