Jumat 12 Jun 2020 17:54 WIB

Puluhan Ibu Hamil Jalani Tes Swab Sebagai Syarat Persalinan

Sebanyak 70 ibu hamil di Kramat Jati jalani tes swab sebagai syarat persalinan

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi ibu hamil. Seba.nyak 70 ibu hamil di Kramat Jati jalani tes swab sebagai syarat persalinan
Foto: Photo by freestocks from Pexels
Ilustrasi ibu hamil. Seba.nyak 70 ibu hamil di Kramat Jati jalani tes swab sebagai syarat persalinan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 70 ibu hamil di Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, menjalani tes swab pada Jumat (12/6). Tes swab ibu hamil dilakukan sebagai salah satu syarat untuk proses persalinan.

"Kampung Tengah ini masih zona merah Covid-19. Memang perkembangan penyakitnya cukup melejit," kata Lurah Karang Tengah, Tarmiji, di Jakarta.

Baca Juga

Tes swab digelar usai seorang ibu hamil di wilayah itu positif Covid-19 meskipun sang anak di kandungan terbukti negatif. Tarmiji mengatakan data keseluruhan warga yang positif Covid-19 di wilayah itu berjumlah 62 orang.

"Setiap sepuluh hari sekali datanya diperbarui. Siapa saja yang sembuh dan masih perawatan, karantina, hingga meninggal," katanya.

Tes swab melibatkan sejumlah petugas Puskesmas Kecamatan Kramat Jati dan bertempat di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Dahlia di Kelurahan Tengah. Peserta diharuskan mengisi data diri serta usia kandungan sebagai syarat bagi proses persalinan di rumah sakit maupun klinik.

"Untuk nanti persyaratan kita lahiran harus ada pemeriksaan swab. Ini baru sekali untuk persyaratan kelahiran saya yang sudah delapan bulan," kata salah satu peserta tes swab bernama Suryani (31).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement