Jumat 12 Jun 2020 17:52 WIB

Snapchat Lakukan Pembaruan Besar di Aplikasi

Pembaruan Snapchat mulai dari kontrol suara hingga reply story.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Aplikasi Snapchat
Foto: Theverge
Aplikasi Snapchat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Snapchat akan melakukan berbagai pembaruan aplikasi. Selama KTT Mitra Snap tahunan pada 11 Juni, Snap Inc. mengumumkan daftar fitur baru yang ditambahkan ke aplikasi, termasuk beberapa yang dibangun di atas dasar-dasar jejaring sosial, dari membalas Stories hingga menambahkan fitur seperti tagar yang disebut Topic.

Seperti yang dilansir dari Digital Trends, Jumat (12/6), ada bar tindakan baru yang menambahkan pintasan di bagian atas aplikasi membuatnya menjadi lebih sederhana. Bilah navigasi baru berubah berdasarkan pada layar di mana pengguna berada.

Baca Juga

photo
Action bar Snapchat. - (snapchat)

Sementara kontrol gerakan Snapchat adalah salah satu rintangan terbesar bagi pengguna baru yang mencoba menemukan semua fitur yang berbeda. Pengguna Snapchat mengeluh tentang perubahan desain utama di masa lalu.

Namun pengguna juga akan segera dapat meminta Snapchat untuk hal yang mereka cari. Pemindaian Suara adalah pencarian suara untuk berbagai efek lensa.

Pengguna bisa mengatakan “Snapchat, buat rambutku menjadi merah muda”, misalnya. Kontrol suara diaktifkan dengan menyentuh dan menahan pada layar kamera.

Alat kamera lain, Scan, akan memungkinkan pengguna mengetuk dan menahan untuk menggunakan jenis Lensa berbeda, yang membantu mengenali apa yang ada di foto. Fitur ini dimulai dengan PlantSnap, yang dapat mengidentifikasi 400 tanaman berbeda dan diaktifkan dengan menekan dan menahan pada layar.

Pembaruan yang berfokus pada kamera lainnya, termasuk penambahan Lensa Lokal yang dirancang untuk lingkungan tertentu dan perangkat tambahan untuk Lens Studio, aplikasi desktop untuk membangun Lensa.

Snapchat Places bertujuan untuk membantu pengguna menemukan tempat bersantai populer di komunitas atau saat bepergian. Meskipun Snap Map biasanya menunjukkan di mana teman-teman berada, Places menambahkan bisnis ke peta itu, termasuk detail seperti jam, alamat dan ulasan dari Tripadvisor dan FourSquare.

Snap Inc. mengatakan pemesanan makanan dari Postmates, DoorDash dan Uber Eats juga akan ditambahkan ke Places segera. Stories, bagian utama dari Snapchat yang sekarang telah disalin oleh banyak aplikasi menambahkan dua fitur baru.

Story Replies memungkinkan menambahkan komentar ke Stories dari Snap Stars, yang kemudian dapat diubah menjadi stiker. Platform mengatakan balasan akan disaring terkait bullying dan ujaran kebencian.

Topic berfungsi seperti tagar yang dirancang untuk Stories. Menggunakan stiker Topic dalam sebuah Stories mengirimkan konten untuk dimasukkan secara potensial dalam sebuah Story-wide story. Pengguna Snapchat dapat menelusuri topik untuk menemukan minat, dengan topik seperti Life Hacks dan Oddly Satisfying.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement