Jumat 12 Jun 2020 15:22 WIB

UNS Jalin Kerja Sama dengan Universitas Andalas

Kerja sama UNS dan Unand ini bertujuan untuk mensinergikan potensi kedua universitas

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.
Foto: Republika/Binti sholikah
Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas Padang. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Rektor UNS, Jamal Wiwoho, dan Rektor Universitas Andalas, Yuliandri secara virtual pada Kamis (11/6).

Dalam kesempatan tersebut, Jamal mengatakan kerja sama antara UNS dan Universitas Andalas ini meliputi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua universitas guna mengembangkan kerjasama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu sebagai sarana peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM)," terang Jamal seperti tertulis dalam siaran pers, Jumat (12/6).

Jamal mengajak untuk bersama-sama mewujudkan sebuah perguruan tinggi yang maju dan modern yang menjadi salah satu agenda besar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dinamakan merdeka belajar dan kampus merdeka.

"Dan saya berpesan janganlah nota kesepahaman ini berhenti begitu saja setelah saya dan Prof Yuliandri tanda tangani. Tetapi harus ada implementasi ke depan dan dilakukan sesuai dengan konsep merdeka belajar ataupun kampus merdeka," imbuh Jamal

Jamal berharap dari kerja sama ini akan melahirkan kolaborasi riset antara UNS dan Universitas Andalas, menulis bersama jurnal yang terindeks internasional, serta pertukaran dosen dan mahasiswa.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas, Yuliandri menyambut baik kerja sama tersebut. Yuliandri berharap kerjasama tersebut bisa memberikan kebaikan untuk kedua universitas. 

"Kami berharap dengan kerjasama ini bisa menjadi jalan bagi Universitas Andalas untuk bisa berkolaborasi dengan UNS," ujar Yuliandri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement