Kamis 11 Jun 2020 19:28 WIB

Facebook akan Hadirkan Fitur Dark Mode

Fitur dark mode memudahkan pengguna jika mengakses facebook saat malam hari.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook
Foto: EPA
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Awalnya, hampir semua aplikasi dalam smartphone hadir dalam latar belakang berwarna terang. Hal ini pun kemudian dianggap kurang nyaman saat aplikasi itu digunakan saat malam atau dalam kondisi gelap.

Hingga kemudian, sejumlah aplikasi pun mulai menyajikan dark mode dengan latar belakang berwarna hitam sehingga pengguna dapat menggunakan aplikasi itu dengan lebih nyaman. Dilansir dari Phone Arena pada Kamis (11/6), disebut bahwa dari semua aplikasi yang ada ternyata Facebook termasuk yang paling akhir dalam menghadirkan fitur dark mode.

Baca Juga

Tak pasti apa sebabnya Facebook agak terlambat. Tapi, dipastikan bahwa aplikasi media sosial itu juga telah menyiapkan fitur tersebut. Meskipun, hingga saat ini belum dapat dipastikan kapan Facebook akan secara resmi meluncurkan fitur itu.

Bocoran soal fitur itu sendiri diungkap oleh 9to5google. Dalam bocoran itu, terlihat bahwa terdapat versi terbaru dari Facebook yang belum diluncurkan dan telah dilengkapi dengan sejumlah fitur terbaru.

Selain fitur dark mode, versi terbaru ini nantinya kemungkinan juga akan dilengkapi dengan coronavirus tracker. Dengan fitur ini, maka pengguna dapat mengetahui informasi terkini soal kasus covid-19.

Dengan sejumlah pembaruan ini, terlihat bahwa Facebook tak hanya berniat untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna namun juga memberikan perhatian pada kesehatan lewat informasi soal pandemi.

Selain inovasi ini, Facebook pun bulan lalu juga sempat melakukan inovasi yang berkaitan degan foto dan video. Facebook saat ini tengah mengembangkan fitur baru untuk dapat memudahkan pengguna dalam melakukan pengiriman atau pemindahan foto dan video.

Pengembangan ini sendiri telah dilakukan sejak 2018 lewat Data Transfer Project. Untuk mewujudkan hal ini, Facebook pun menggandeng sejumlah pengembang platform lainya.

Fitur ini sendiri dikembangkan karena Facebook menyadari bahwa banyak pengguna yang sangat akrab dengan dunia foto dan video. Sehingga, banyak pengguna yang kerap mengunggah foto maupun video pada akun Facebook.

Karena begitu banyak foto dan video yang diunggah, terkadang pengguna pun kesulitan saat mencari foto yang sedang dibutuhkan. Oleh karena itu, Facebook pun menambahkan fitur yang terhubung dengan Google Photos.

Dengan adanya fitur ini, maka pengguna Facebook dapat memindahkan foto dan video ke Google Photos. Sehingga, pengguna dapat lebih dimudahkan saat akan mencari dokumen tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement