Kamis 11 Jun 2020 16:45 WIB

 Pelindo III dan Hipmi Garap Proyek Pariwisata

UMKM khususnya di bawah Hipmi juga bisa lahir sebagai puncak perekonomian bagi bangsa

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agus Yulianto
Kapal pesiar berbendera Norwegia Viking Sun melakukan lego jangkar di perairan Benoa, Bali.
Foto: Antara
Kapal pesiar berbendera Norwegia Viking Sun melakukan lego jangkar di perairan Benoa, Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) menandatangani MoU dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dalam kerja sama untuk penggarapan proyek pariwisata. Kerja sama tersebut dengan berinvestasi pada proyek strategis Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) di Pelabuhan Benoa Bali dan Marina di Pelabuhan Boom Banyuwangi.

"Sudah saatnya para pengusaha UMKM diberikan kesempatan yang lebih luas untuk berkarya dan berkontribusi buat negara,” kata Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Republika, Kamis (11/6). 

Dia menilai, perusahaan swasta memiliki peranan besar dalam membantu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengelola sejumlah proyek pembangunan dalam negeri. Doso mengatakan, sudah saatnya para pengusaha UMKM diberikan kesempatan yang lebih luas untuk berkarya dan mengembangkan usahanya.

“Kami mendukung penuh arahan Menteri BUMN untuk menggandeng perusahaan swasta dalam menggarap proyek-proyek pembangunan dalam negeri," tutur Doso. 

Dalam kondisi pandemi saat ini, Doso menuturkan, butuh kerja sama semua pihak untuk membangun BMTH dan Marina di Pelabuhan Boom Banyuwangi dalam mewujudkan pariwisata maritim pertama di Indonesia. Menjelang tatanan normal baru, dia mengharapkan, industri pariwisata harus bisa dibangun dan hidup kembali. 

Ketua Hipmi Mardani H Maming mengakui, perusahaan swasta memiliki peranan besar dalam membantu pemerintah mengelola sejumlah proyek pembangunan dalam negeri. Dia mengharapkan, para pengusaha bisa berperan aktif menggerakkan perekonomian bangsa  

"Kami berharap UMKM khususnya di bawah Hipmi juga bisa lahir sebagai puncak perekonomian bagi bangsa dan negara," ungkap Mardani.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menilai, peran Hipmi dalam era normal baru sangat diharapkan mampu membangun ekosistem sistem usaha yang sehat. Selain itu dapat berperan aktif dalam membangun ekonomi bangsa termasuk saat pascapandemi nnti.

“Di era normal baru ini, pengusaha harus bisa bersama membangun ekosistem usaha yang sehat dan anggota HIPMI harus jadi garda terdepan untuk membangun ekonomi bangsa," tutur Bahlil.

Bali Maritime Tourism Hub atau BMTH merupakan saah satu proyek strategis yang sedang di kerjakan oleh Pelindo III untuj meningkatkan perekonomian Bali melalui wisata maritim dan kunjungan wisatawan dari jalur laut. Saat ini Pelabuhan Benoa Bali sedang ditata ulang untuk dijadikan wisata maritim dan terminal cruise atau kapal pesiar terbesar di Indonesia. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement