Kamis 11 Jun 2020 14:27 WIB

Antam Pastikan Operasional Tetap Jalan di Tengah Pandemi

Antam telah menyusun berbagai protokol kesehatan dan keselamatan dukung new normal.

Rep: M Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Pramuniaga menunjukkan emas batangan di Cikini Gold Center, Jakarta, Selasa (7/4/2020). Harga emas Antam pada Selasa (7/4/2020) melonjak Rp32
Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Pramuniaga menunjukkan emas batangan di Cikini Gold Center, Jakarta, Selasa (7/4/2020). Harga emas Antam pada Selasa (7/4/2020) melonjak Rp32

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Aneka Tambang (Persero) atau Antam berkomitmen memastikan kegiatan operasional tetap berjalan optimal selama pandemi Covid-19 melalui pelaksanaan protokol kesiagaan dan kesehatan holding industry pertambangan MIND ID. SVP Corporate Secretary Antam Kunto Hendrapawoko mengatakan hal ini bertujuan agar kesehatan dan keselamatan karyawan dan masyarakat, serta kegiatan perekonomian daerah tetap terjaga.

"Di era new normal atau kenormalan baru, Antam melakukan penyesuaian operasional tambang dan pabrik," ujar Kunto dalam konferensi pers secara virtual usai RUPS Antam di Jakarta, Kamis (11/6).

Perusahaan telah menyusun berbagai protokol kesehatan dan keselamatan sehingga secara bertahap akan kembali melakukan aktivitas kerja sesuai dengan protokol new normal. Antam, lanjut Kunto, melakukan screening kesehatan secara ketat di setiap area kerja baik di tambang maupun di pabrik, menerapkan pembatasan jarak fisik, pengukuran suhu tubuh, mewajibkan penggunaan masker, kewajiban mencuci tangan, penggunaan hand sanitizer, pemberian vitamin, isolasi mandiri bagi pegawai yang baru memasuki daerah tambang dan pabrik setelah melakukan perjalanan, serta akan mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk pertemuan dengan tamu perusahaan.

"Antam juga bersinergi dengan stakeholder terkait di seluruh wilayah operasi dalam melakukan sosialisasi waspada Covid-19 dan menyalurkan bantuan peralatan kesehatan untuk memenuhi kebutuhan Dinas Kesehatan setempat," ucap Kunto. 

Kunto menyampaikan, Antam fokus mempertahankan kinerja operasi dan penjualan dengan mengedepankan strategi penjualan melalui penguatan basis pelanggan di pasar domestik yang memberikan margin keuntungan yang lebih baik, terutama untuk komoditas emas pada 2020. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan tingkat permintaan emas di dalam negeri.

"Di masa pandemi ini, Antam Melalui Unit Bisnis Pengolahan dan pemurnian Logam Mulia menerapkan pembelian emas secara online di www.logammulia.com dan menetapkan mekanisme order, serta transaksi buyback melalui aplikasi WhatsApp," lanjut Kunto. 

Untuk logam mulia yang dibeli melalui sistem daring, ucap Kunto, pelanggan dapat mengambil emas tersebut di Butik Emas Logam Mulia yang saat ini beroperasi secara terbatas atau dikirim melalui jasa ekspedisi yang bekerja sama dengan perusahaan. Sementara itu, untuk transaksi buyback dapat dilakukan di butik setelah melakukan janji temu melalui Whatsapp sebelumnya.

Kunto menilai transaksi emas secara daring memberikan pengalaman baru bagi masyarakat. Antam terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebagai kondisi new normal sehingga pelanggan dapat bertransaksi logam mulia di tengah pandemi Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement