Kamis 11 Jun 2020 10:29 WIB

Permintaan Surat Keterangan Bebas Covid-19 Meningkat

dalam sehari, permintaan surat keterangan bebas Covid-19 bisa mencapai 80 surat.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh.
Foto: Dok RS
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH - Permintaan surat keterangan bebas Covid-19 dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Kota Banda Aceh mengalami peningkatan. Dalam satu hari, permintaan surat keterangan bebas Covid-19 bisa mencapai 80 surat.

"Jelas meningkat, dalam sehari RSUD Zainoel Abidin mengeluarkan 80 (surat keterangan bebas Covid-19)," kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh dr Endang Mutiawati, Kamis (11/6).

Endang menjelaskan, rata-rata masyarakat daerah Tanah Rencong yang mengajukan permohonan surat keterangan bebas terkait Covid-19 tersebut untuk keperluan melakukan perjalanan ke luar daerah.

Menurut dia, setiap warga yang ingin mengantongi surat keterangan bebas virus corona dari RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, akan dilakukan tes cepat (rapid test) terkait Covid-19, apabila hasilnya tidak reaktif baru dikeluarkan suratnya.

"Mereka dilakukan rapid test. Rata-rata (surat bebas Covid-19) digunakan untuk naik pesawat, untuk bepergian ke luar daerah. Dalam sehari 70-80 surat dikeluarkan," katanya.

Menurut Endang, permintaan surat keterangan bebas Covid-19 meningkat setelah Pemerintah Aceh mengumumkan setiap pengurusan surat tersebut tidak dibebankan biaya atau gratis pada awal Juni lalu.

Tak hanya di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, hal yang senada juga telihat di beberapa rumah sakit umum daerah rujukan Covid-19 lainnya di provinsi paling barat Indonesia.

"Asal memenuhi protokol kesehatan kita enggak khawatir (warga bepergian keluar daerah). Yang penting mematuhi protokol kesehatan, selalu jaga jarak, cuci tangan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement