Kamis 11 Jun 2020 08:35 WIB

Legenda: Selesai di Liverpool, Klopp Lebih Pilih Munchen

Selesai di Liverpool, Klopp Lebih Pilih Munchen Ketimbang Madrid dan Barca

Rep: Frederikus Bata/ Red: Agung Sasongko
Jurgen Klopp
Foto: trendswide
Jurgen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Jurgen Klopp sedang menikmati hari-harinya di Liverpool. Berbagai gelar mulai diraihnya. Namun tentu saja kebersamaan mereka tidak mungkin abadi.

Kontrak Klopp di Merseyside Merah hingga musim panas 2024. Masih empat tahun lagi. Legenda the Reds, Steve McManaman memprediksi Klopp bakal menuju Bayern Munchen setelah petualangan di Anfield berakhir.

Baca Juga

"Saya pikir dia benar-benar menyukai Liverpool dan atmosfer di Liga Primer Inggris. Tapi anda bakal melihat dia kembali ke Jerman, dan menangani Bayern Munchen," kata McManamanan, dikutip dari Tribal Football, Kamis (11/6).

Ia menilai Munchen terus berkembang dari waktu ke waktu. Saat ini tim tersebut berisi gabungan anak muda yang lapar prestasi, dengan pemain senior kenyang pengalaman. Itu satu nilai lebih FC Hollywood, yang bisa menarik Klopp. Di saat bersamaan, eks arsitek Borussia Dortmund dikaitkan dua Raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona.

"Saya tidak yakin Klopp memiliki keinginan untuk membesut Madrid atau Barca," ujar McManaman.

Ia tidak menemukan alasan kuat mengapa sang juru taktik harus menuju Negeri Matador. Kompetisi La Liga, menurut McManaman tidak memiliki aura yang sama seperti di masa jaya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ronaldo sudah pindah ke Juventus. Sementara Messi memasuki usia senja dan kerap bermasalah dengan cedera.

Lebih dari itu, Madrid dinilai belum siap kembali berprestasi di level tertinggi. Kendati McManaman melihat keseriusan eks klubnya dalam membangun skuat muda. Sementara Barca lebih dihebohkan urusan luar lapangan.

Perdebatan dewan direksi dan pemain sering menjadi pemberitaan di media. Fakta demikian, menurut McManaman menjadi nilai minor Raksasa Katalan di mata pelatih seperti Klopp. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement