Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Gunting Semua Kartu Kredit, Ivan Gunawan Ungkap Alasan Bijak

Kamis 11 Jun 2020 07:27 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Ivan Gunawan

Ivan Gunawan

Gunting Semua Kartu Kredit, Ivan Gunawan Ungkap Alasan Bijak

VIVA – Belum lama ini, presenter sekaligus desainer Ivan Gunawan mengunggah foto yang menampilkan beberapa kartu kredit miliknya yang sudah digunting. Unggahan Ivan tersebut pun menjdi viral di media sosial khususnya Instagram.

Melalui channel YoutTube miliknya, Ivan Gunawan akhirnya memberi penjelasan mengenai alasannya menggunting kartu kreditnya tersebut. Presenter kelahiran Jakarta itu mengungkapkan bahwa dalam waktu sepuluh tahun terakhir ini, dirinya benar-benar konsumtif.

Baca juga: Heboh, Nagita Slavina Ngaku Gak Kenal Ayu Ting Ting

“Kenapa kartu kredit itu aku gunting karena seminggu belakangan ini, aku tuh mengalami sebuah pemikiran. Ini kan, zaman kita enggak menentu ya, kayak pendapatan belum tentu juga masuk setiap hari. Tapi, pengeluaran juga jalan terus,” ucap Ivan Gunawan dikutip VIVA dari channel YouTube Ivan Gunawan, Rabu, 10 Juni 2020.

“Dan aku tuh sebenarnya ngerasa bahwa 10 tahun terakhir ini, aku benar-benar konsumtif banget, konsumtifnya bukan hanya dari uang sendiri, tapi juga dari uang kartu kredit,” kata Ivan menambahkan.

Akhirnya Ivan memutuskan untuk mengubah sistem keuangan dalam dirinya sendiri dan tidak mau jadi orang yang konsumtif. Apalagi, pria yang akrab disapa Igun itu sadar bahwa di saat pandemi COVID-19 seperti saat ini, pendapatan belum tentu masuk setiap hari. Igun takut memiliki utang yang banyak lewat kartu kredit.

“Jadi kenapa sih sebenernya aku pengen nutupin kartu kredit, sebenernya ini hal yang paling simpel sih yang intinya adalah aku pengen mengubah sistem keuangan dalam diri aku sendiri. Aku gak mau jadi orang yang konsumtif,” ucap Igun.

“Semenjak COVID ini kan pendapatan belum tentu setiap hari masuk jadi aku tuh takut memiliki utang yang semakin banyak lewat kartu kredit,” ucapnya menambahkan.

Igun juga mengatakan bahwa di tahun 2020 ini, dirinya ingin menjadi manusia yang lebih sadar diri. “Memasuki di 2020 ini, aku pengen mau jadi manusia yang setidaknya lebih sadar diri, enggak mau aneh-aneh, lebih enggak mau yang kayak konsumtif, belanja yang enggak-enggak, jadi pengennya enggak kepengin punya utang yang besarlah di tahun 2020,” tutur Igun.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA