Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Semua Kasus Positif Covid-19 di Musi Rawas Utara Sembuh

Kamis 11 Jun 2020 05:29 WIB

Red: Ani Nursalikah

Semua Kasus Positif Covid-19 di Musi Rawas Utara Sembuh

Semua Kasus Positif Covid-19 di Musi Rawas Utara Sembuh

Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Musi Rawas Utara kini menjadi zona hijau.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Semua kasus positif Covid-19 di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatra Selatan (Sumsel) telah dinyatakan sembuh. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Musi Rawas Utara Susyanto Tunut mengatakan lima kasus positif terakhir dinyatakan negatif berdasarkan hasil tes usap (swab test) RSUD Siti Aisyah Lubuklinggau.

"Dengan hasil ini, maka 22 kasus positif di Musi Rawas Utara sudah sembuh dan tidak ada lagi pelacakan kasus," ujarnya, Rabu (10/6).

Selain nol kasus positif, kabupaten yang berada di perbatasan Sumsel-Jambi itu juga nol pasien dalam pemantauan (PDP) dan nol orang dalam pemantauan (ODP), hanya tersisa 54 orang tanpa gejala (OTG) yang masih dipantau.

Baca Juga

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Sumsel, penyebaran Covid-19 di Musi Rawas Utara terpantau berlangsung selama 46 hari sejak kasus pertama diumumkan pada 25 April, yakni seorang perempuan usia 9 tahun dengan status penularan lokal dan tercatat sebagai kasus ke 112 di Sumsel.

Selama rentang waktu tersebut tidak ada kasus konfirmasi positif yang meninggal dunia di Musi Rawas Utara. Ia merinci lima kasus terakhir yang sembuh yakni N (perempuan usia 39 tahun), warga Kelurahan Muara Rupit, lalu T (perempuan usia 38 tahun), dan seorang bayi warga Desa Pantai, Kecamatan Rupit.

Kemudian M (perempuan usia 88 tahun) warga Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Nibung, serta seorang bayi laki-laki warga Desa Remban, Kecamatan Rawas Ulu.

"Besok warga yang masih mengikuti karantina di Rumah Sehat Hotel 929 akan kami antar pulang ke keluarga masing-masing," katanya.

Sementara warga yang mengikuti karantina di Rumah Sehat Desa Terusan telah lebih dulu pulang seiring dengan kesembuhan mereka pekan lalu. Kesembuhan seluruh kasus positif tersebut juga menandai berakhirnya karantina di Rumah Sehat Desa Terusan dan Rumah Sehat Hotel 929.

"Kedua rumah sehat tersebut akan disterilisasi petugas untuk difungsikan sesuai dengan peruntukannya semula," katanya.

Meski sudah nol kasus, gugus tugas setempat meminta masyarakat tetap waspada dan membiasakan diri dengan protokol Covid-19, agar tidak timbul kasus baru menuju normal baru, yakni senantiasa menggunakan masker, menjaga jarak serta selalu mencuci tangan dengan sabun.

Dengan nol kasus positif Covid-19 itu, Kabupaten Musi Rawas Utara kembali menjadi zona hijau Covid-19 di Sumsel bersama Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat yang lebih dulu berhasil mencapai nol kasus aktif.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA