Rabu 10 Jun 2020 21:32 WIB

9 Film Seru yang Menguji Kewarasan Penonton

Orang-orang yang kehilangan kendali cukup sering dijadikan premis sebuah film.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di Shutter Island.
Foto: Paramount Pictures.
Salah satu adegan di Shutter Island.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Tekanan yang terjadi selama pandemi Covid-19 bisa menyebabkan gangguan mental seperti depresi, stres, dan kehilangan kendali. Orang-orang yang kehilangan kendali cukup sering dijadikan premis sebuah film dan banyak juga yang doyan menonton film seperti itu.

Dilansir di laman Variety pada Rabu (9/6) berikut rekomendasi sembilan film bergenre gelap yang bisa kamu tonton ketika swakarantina:

1. The Manchurian Candidate (1962)

Film ini disutradarai oleh John Frankenheimer, sementara skenario dipercayakan kepada George Axelrod. Film ini diadaptasi dari novel karya Richard Condon, dan dibintanti oleh Frank Sinatra, Laurence Harvey, Janet Leigh, Angela Lansbury.

Film merupakan thriller komedi hitam yang dipromosikan dengan slogan, "Jika Anda datang setelah lima menit dimulai, Anda tidak akan mengerti tentang semuanya!". Film ini bercerita tentang pencucian otak, teori konspirasi, plot komunis dan kecurigaan pemerintah Amerika Serikat (AS).

2. Mulholland Drive (2001)

Disutradarai dan ditulis oleh David Lynch dengan menggandeng Naomi Watts dan Laura Elena Harring menjadi pemeran utamanya. Ketika Mulholland Drive memulai debutnya di Festival Film Cannes, film ini langsung menarik perhatian dan dianggap sebagai film terbaik dari Lynch. Selama hampir satu jam 45 menit film Lynch mampu membius penonton untuk tetap duduk menatap layar dan fokus pada setiap adegan dalam film. Yang paling menarik dan tidak diduga adalah bagian akhir film.

3. Repulsion (1965)

Film ini disutradarai Roman Polanski dan naskah ditulis oleh David Stone dan pemainnya adalah Catherine Deneuve dan Ian Hendry. Ini adalah kisah peringatan bagi semua orang.

Carol (Catherine Deneuve) tampak merasa aneh dengan perasannya, tetapi dia benar-benar patah hati ketika dibiarkan terlalu lama. Film ini merupakan bagian pertama dari The Apartment Trilogy milik Roman Polanski yang juga mencakup Rosemary’s Baby dan The Tenant. Film ini memiliki pesan agar kita tidak percaya secara penuh kepada setiap orang didekatmu.

4. The Cabinet of Dr Caligari (1920)

Film disutradarai oleh Robert Wiene, sementara naskah dipercayakan kepada Carl Mayer dan Hans Janowitz. Film ini dibintangi oleh Werner Krauss dan Conrad Veidt. Silakan berdebat untuk menentukan siapa orang yang paling gila di film ini. Ada Dr Caligari, penjaja tontonan yang menghipnotis Cesare untuk melakukan pembunuhan. Atau ada Cesare sendiri. Kemudian ada Francis, narator cerita. Film ini sangat epik dan ceritanya tidak mudah ditebak, jadi kalau penasaran jangan lupa tonton.

5. Gaslight (1944)

Film ini diarahkan oleh George Cukor dengan skenario oleh John Van Druten, Walter Reisch dan John L Balderston. Sementara Charles Boyer dan Ingrid Bergman, dipercaya menjadi pemeran utama film ini.

Di Edwardian Inggris, Gregory (Charles Boyer) mencoba untuk membuat istrinya (Ingrid Bergman) menjadi gila dengan membuktikan bahwa ingatan dan persepsinya selalu salah. Alhasil, si istri merasa tidak ada orang yang bisa dia tuju, tidak ada yang bisa dia percayai. Ini adalah film yang sempurna untuk ditonton saat pandemi, di mana kita hampir dibuat gila dengan keadaan dan informasi yang beredar.

6. Trilogi The Lord of the Rings (2001-2003)

Film fantasi epik ini disutradarai oleh Peter Jackson dan penulisan skenario dipercayakan kepada Jackson, Fran Walsh, dan Philippa Boyens. Film ini diadaptasi dari novel karya JRR Tolkien. Diperankan oleh Elijah Wood, Ian McKellen, Viggo Mortensen, Andy Serkis dan lainnya.

Film ini mengisahkan tentang pemburuan cincin demi menyelamatkan nasib dunia. Beberapa orang akan melakukan apa saja untuk mendapatkan cincin itu. Ini dapat dilihat sebagai keinginan simbolis untuk kekuatan politik, kekayaan, atau untuk sesuatu yang sederhana dan tidak terjangkau seperti Clorox Wipes.

7. Shutter Island (2010)

Film diarahkan oleh Martin Scorsese, sementara skenario oleh Laeta Kalogridis. Film ini diadaptasi berdasarkan novel karya Dennis Lehane. Dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Mark Ruffalo, dan Ben Kingsley.

Shutter Island menjadi film yang membuat Anda bertanya-tanya tentang kewarasan dokter yang menjalankan suaka. Ini juga salah satu dari beberapa film yang sulit menebak siapa yang baik atau siapa yang jahat, siapa yang nyata, dan siapa yang dibayangkan. Tidak ada lelucon tentang film ini. Shutter Island adalah salah satu yang terbaik dari Martin Scorsese dan Leonardo DiCaprio.

8. A Woman Under the Influence (1974)

FIlm disutradarai dan ditulis oleh John Cassavetes. Film ini dibintangi Gena Rowlands dan Peter Falk. Sinema ini berkisah tentang Mabel (Gena Rowlands) yang mengalami kesulitan dalam menghadapi kenyataan. Suaminya, teman-teman mereka, dan orang tuanya terlalu lama mengabaikan tanda-tanda masalah.

Film ini berhubungan dengan kondisi sekarang, di mana orang-orang akan merasa gelisah tentang isolasi diri yang berkepanjangan. Melalui film ini, Cassavetes berpesan tentang bagaimana kehidupan dunia dan karakter manusia yang egois dan tidak benar-benar peduli pada sesama.

9. Women on the Verge of a Nervous Breakdown (1988)

Film ini disutradarai dan ditulis oleh Pedro Almódovar. Film dibintangi oleh Carmen Maura, Antonio Banderas, dan lainnya. Komedi obrolan gelap Pedro Almódovar dijamin bisa menghibur Anda, tetapi itu akan membuat Anda merasa lebih baik atau merasa lebih buruk. Faktor penghibur dari film ini yaitu setiap karakter baru lebih gila dibandingkan yang sebelumnya, jadi Anda sadar Anda tidak sendirian. Faktor yang menganggu di film ini yaitu kecurigaan bahwa mungkin penderitaan Anda lebih berat daripada yang Anda sadari.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement