Kamis 11 Jun 2020 02:00 WIB

UNS Gelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi

UNS mengadakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi secara daring

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.
Foto: Republika/Binti sholikah
Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengadakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada Selasa (9/6). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyaring mahasiswa yang memiliki potensi unggul di bidang akademik maupun nonakademik. Nantinya, satu pemenang dari tiap jenjang sarjana dan diploma akan menjadi wakil UNS pada seleksi tingkat nasional.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Rohman Agus Pratomo menuturkan, UNS akan memberikan pendampingan bagi finalis yang terpilih mewakili UNS.

"Kami akan menyiapkan wakil UNS agar benar-benar matang, nanti akan ada pendampingan pembuatan karya tulis, bahasa asing serta penyusunan portofolio. Harapannya, semoga tahun ini bisa meloloskan dua wakil ke tingkat nasional," jelas Rohman seperti tertulis dalam siaran pers, Rabu (10/6).

Awalnya, seleksi direncanakan berlangsung pada Maret 2020 kemudian ditunda karena adanya pandemi Covid-19. Setelah melalui seleksi berkas pada pekan lalu, pekan ini peserta menjalani tahap presentasi karya tulis ilmiah. Sebanyak 12 finalis dari jenjang sarjana maupun diploma Sekolah Vokasi (SV UNS) yang berhak mengikuti seleksi presentasi.

Aspek yang dinilai dalam seleksi tersebut meliputi 10 prestasi akademik maupun nonakademik yang paling diunggulkan, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), karya tulis ilmiah, dan kemampuan berbahasa asing. Prestasi yang dapat dilampirkan dapat berupa kejuaraan lomba, pemakalah seminar, kepemilikan hak kekayaan intelektual, capaian di organisasi, ketua penanitiaan, dan masih banyak lainnya.

Setiap tingkat atau level prestasi memiliki nilai masing-masing. Misalnya, prestasi tingkat internasional dan nasional memiliki skor nilai yang berbeda. Semua aspek penilaian akan diakumulasi sehingga akan didapatkan mahasiswa berprestasi yang benar-benar unggul dalam berbagai aspek.

Pengumuman pemenang akan dilaksanakan sekitar dua hari ke depan setelah dilakukan pleno oleh juri. "Melalui Pilmapres ini, diharapkan mampu menghasilkan mahasiswa yang akan menjadi kader atau panutan bagi mahasiswa lain supaya berprestasi khususnya di fakultas masing-masing. Semoga, pemenang yang akan mewakili UNS di tingkat nasional mampu memberikan hasil yang maksimal," harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement