Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Ambulans Khusus untuk Pasien Covid-19

Rabu 10 Jun 2020 10:13 WIB

Red: khoirul azwar

Totoya menyerahkan bantuan dua unit ambulans Kijang Innova yang didesain khusus kepada Pemkab Kaarawang.

Totoya menyerahkan bantuan dua unit ambulans Kijang Innova yang didesain khusus kepada Pemkab Kaarawang.

Foto: toyota
Toyota juga menggandeng BLK untuk memproduksi masker pelindung muka.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Toyota Indonesia menggandeng balai latihan kerja (BLK), seperti  Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta untuk memproduksi masker pelindung muka (face mask). Hal ini untuk memenuhi kebutuhan face mask di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Masker ini nantinya akan disumbangkan ke sejumlah daerah dan instansi yang membutuhkan. Face mask sebanyak 34.800 buah tersebut, antara lain  disumbangkan kepada Pemprov DKI Jakarta bersama empat unit ambulans Kijang Innova.

Donasi yang bersumber dari Toyota Manufactures Club itu  diserahkan  Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono dan diterima langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

Warih  menjelaskan, Kijang Innova buatan Karawang, Jawa Barat itu  telah dikonversi menjadi ambulans sesuai standar dengan tindakan medis yang diperlukan oleh salah satu supply chain otomotif. 

Donasi itu, lanjut dia, merupakan rangkaian dari aktivitas CSR  perusahaan dalam menghadapi Covid-19. “Dari total 17 unit ambulans  Kijang Innova yang akan kami donasikan ke berbagai instansi dan  daerah, seperti Karawang dan Bekasi, sebelumnya juga  kami mendonasikan lima unit ambulans kepada PMI dan Kemenkes  serta 105.000 APD bersama dengan diler, supply chain, dan afiliasi,” katanya. 

Selain itu,  berkolaborasi dengan PT Serasi Autoraya (Sera), mereka  menyediakan 68 unit mobil untuk menunjang mobilitas tenaga medis Covid-19 di 15 kota  di Indonesia. Kerja sama juga dilakukan dengan  Universitas Indonesia dan beberapa supply chain Toyota dalam pengembangan berbagai APD, seperti flocked swab, medical google, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield

“Upaya kami hanyalah sebagian kecil dari kebutuhan, namun demikian, sebagai bagian dari warga DKI Jakarta, kami berharap donasi ini dapat mendukung transisi PSBB  dan menambah semangat warga ibu kota,” ujar Warih.

Sebagai lanjutan dari langkah sosialnya, Toyota Indonesia, pada Selasa (9/6), juga menyerahkan  dua unit ambulans  Kijang Innova  dan 3.000 APD yang terdiri dari protection clothes, disposable medical mask, medical goggle, face shield, dan disposable mask kepada Pemda Karawang. 

 “Kami menyampaikan rasa simpati mendalam kepada semua pihak yang terdampak wabah Covid-19, serta penghargaan yang tinggi dan tulus kepada Pemda Karawang yang selama ini memberikan yang terbaik bagi kesehatan masyarakat dalam menghadapi pandemi ini,” ujar  Wakil Presiden Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter, ketika menyerahkan donasi.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA