Selasa 09 Jun 2020 16:39 WIB

Bandara Soekarno Hatta Sediakan Tujuh Fasilitas Futuristik

Fasilitas tersebut untuk kelancaran aktivitas di bandara bagi petugas dan penumpang.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Fuji Pratiwi
Travelation AP II. PT Angkasa Pura II menyiapkan tujuh fasilitas futuristik tanpa sentuh (touchless) yang dapat dinikmati penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjelang new normal.
Foto: travelation.angkasapura2.co.id
Travelation AP II. PT Angkasa Pura II menyiapkan tujuh fasilitas futuristik tanpa sentuh (touchless) yang dapat dinikmati penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjelang new normal.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PT Angkasa Pura II menyiapkan tujuh fasilitas futuristik tanpa sentuh (touchless) yang dapat dinikmati penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjelang new normal. Fasilitas tersebut dipersiapkan untuk menjaga kelancaran aktivitas di bandara bagi personel dan penumpang pesawat.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, fasilitas tersebut beberapa di antaranya digunakan sebagai aspek keamanan bagi personel. Adapun bagi penumpang fasilitas digunakan untuk mempermudah pelayanan.

Baca Juga

"Saat ini satu fasilitas touchless keamanan yang tengah diuji coba adalah smart helmet oleh personel aviation security (avsec) di terminal penumpang. Kami berharap ini dapat memperketat pengawasan di tengah pandemi," kata Awaluddin dalam keterangan yang diterima tulis pada Selasa (9/6).

Nantinya, ketujuh fasilitas ini juga akan dapat dihadirkan juga di bandara lain yang dikelola Angkasa Pura II. Berikut ini tujuh fasilitas tersebut. 

1. Helm pintar (smart helmet)

Fasilitas ini digunakan personel avsec untuk mengawasi operasional bandara. Helm ini memberikan informasi suhu tubuh orang tanpa menyentuh, mode pengenal wajah, dan pengenal plat kendaraan.

 

Alat tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan night vision atau facility inspection, memindai kode QR code, dan mengidentifikasi titik panas. Melalui helm pintar, kapabilitas personel avsec diharapkan meningkat sehingga dapat menjaga jalannya berbagai protokol kesehatan dengan ketat. 

 

2. Pemindai tubuh (body scanner)

AP II memastikan sudah mengoperasikan body scanner atau body inspection machine untuk penumpang tanpa bersentuhan. Penumpang pesawat cukup masuk ke mesin body scanner dan hasil pemeriksaan akan diinformasikan melalui layar monitor.

 

3. Sistem Travelation

Angkasa Pura II mengembangkan sistem Travelation untuk kepentingan pemeriksaan dokumen mandiri. Melalui sistem ini, calon penumpang pesawat bisa mengunggah dokumen persyaratan perjalanannya untuk diverifiksi, seperti hasil rapid test

 

4. VICA

VICA adalah Virtual Customer Assistant. Melalui VICA, calon penumpang dapat dapat bertanya langsung mengenai berbagai berbagai informasi dan pelayanan di bandara secara virtual atau tanpa tatap muka langsung. Layanan VICA menggantikan customer assistant fisik di terminal melalui www.angkasapura2.co.id. 

 

5. Penyesuaian tombol elevator atau lift

Bila sebelumnya tombol tersebut disentuh dengan tangan, tombol elevator atau lift di Terminal 2 dan Terminal 3 kini dapat ditekan menggunakan alas kaki.

 

6. UV Sterilizer

Eskalator dan travelator di Terminal 3 kini dilengkapi dengan UV Sterilizer untuk menghilangkan virus, bakteri, dan kuman di handrail

 

7. Wastafel otomatis

Seluruh wastafel di Bandara Internasional Soekarno-Hatta kini dipastikan sudah otomatis. Di seluruh terminal juga tersedia mesin sanitizer otomatis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement