Kamis 11 Jun 2020 12:38 WIB

Yakult Tingkatkan Imunitas Tubuh Saat Puasa

Minuman fermentasi dikonsumsi masyarakat Kaukasus sehingga tetap sehat

Award untuk Yakult.
Foto: Yakult
Award untuk Yakult.

REPUBLIKA.CO.ID, Menjaga daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting, apalagi di saat berpuasa. Rutinitas yang berubah dengan aktivitas malam yang bertambah, sementara olah raga berkurang, akan dapat menyebabkan tubuh kurang fit.

Sistem kekebalan yang menurun akibat bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh bisa saja membuat seseorang menjadi mudah terserang penyakit. Salah satu minuman yang dapat dikonsumsi selama puasa adalah Yakult. Minuman susu fermentasi ini dapat menjaga kesehatan usus dengan menekan pertumbuhan bakteri jahat dan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

Yakult didirikan oleh seorang mikrobiologis Jepang bernama Dr Minoru Shirota pada tahun 1935. L.casei Shirota strain merupakan bakteri probiotik yang dikulturkan oleh Dr Shirota sebagai bakteri unggul yang tahan dari asam lambung dan cairan tubuh, sehingga dapat membantu menyeimbangkan fungsi saluran cerna.

Ia mendapatkan ide mendirikan Yakult dari penemuan pemenang hadiah Nobel Iliya Metchnikov (1908) mengenai pola hidup sehat masyarakat di Pegunungan Kaukasus yang minum susu fermentasi, sehingga memiliki usia hidup panjang dalam keadaan sehat.

Setelah berhasil menjadikan minuman kesehatan Yakult di Jepang, Dr Minoru Shirota menyampaikan niat mulia bagi seluruh masyarakat  dunia yang disebut dengan Shirota-ism, yaitu mencegah lebih baik daripada mengobati, usus yang sehat adalah kunci umur panjang dan membuat Yakult dengan harga yang terjangkau. Inilah yang sekarang menjadi filosofi perusahaan Yakult di seluruh dunia.

photo
Yakul - (Yakult)

Sejak berhasil diterima sebagai minuman yang mempunyai manfaat baik bagi tubuh manusia, Yakult mulai dikembangkan keluar Jepang, seperti Taiwan, Korea, Indonesia, dan negara lainnya. Sekarang Yakult telah tersedia di 40 negara dan menjadi minuman yang dibutuhkan oleh semua usia, mulai dari anak kecil hingga manusia lanjut usia (Manula) untuk menjaga kondisi tubuh dan daya tahan tubuh selalu baik.

Di Indonesia, minuman susu fermentasi dipasarkan oleh PT Yakult Indonesia, perusahaan PMA yang berasal dari Jepang. Yakult Indonesia berdiri sejak 1991 dan pada tahun 2020 telah berusia lebih dari 29 tahun. Perjalanan sejak berdirinya Yakult hingga sekarang memberi kesempatan lowongan kerja bagi lebih dari 6.300 karyawan tetap di semua lini usaha dan menjadi tempat kerja bagi hampir 10 ribu orang Yakult Lady sebagai agen bebas di wilayah tempat tinggalnya.

Guna memasarkan produk yang baik ini, Yakult didistribusikan secara langsung ke semua gerai (toko, swalayan, pabrik, institusi, dan lain-lain) oleh Sales Force menggunakan mobil berpendingin khusus dengan mengenakan seragam resmi perusahaan.

Cara lain pemasarannya adalah melalui Yakult Lady yang mengunjungi peminum langsung (di rumah, kantor, dan tempat lain) sambil menjelaskan manfaat menjaga pola hidup yang baik dan kesehatan pencernaan. Para Yakult Lady ini adalah petugas resmi Yakult yang telah terdidik dalam disiplin dan pengetahuan produk, sehingga dapat menjadi Pusat Informasi Berjalan dalam komunitas tempat tugasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement