Rabu 10 Jun 2020 06:18 WIB

Mengapa Astronom Sulit Menemukan Planet Sembilan?

Sudah empat tahun mencari, keberadaan planet Sembilan justru diragukan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Planet X, diklaim sebagai planet kesembilan (ilustrasi)
Foto: Japantimes
Planet X, diklaim sebagai planet kesembilan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Planet Sembilan adalah salah satu obyek antariksa yang selalu ramai diperbincangkan. Tata Surya kita terdiri dari 8 planet utama dan 5 planet kerdil.

Sampai saat ini, Planet Semblan masih menjadi misteri. Beberapa ilmuwan meragukan keberadaan Planet Sembilan. Assistant professor of astronomy, University of Regina Samantha Lawler salah satunya.

Baca Juga

Dia tergabung dalam tim OSSOS. OSSOS adalah kolaborasi 40 astronom dari delapan negara yang meneliti tentang sabuk Kuipler. Pencarian Planet Sembilan erat kaitannya dengan sabuk Kuipler.

Sabuk Kuiper adalah kumpulan benda-benda es kecil yang mengorbit matahari di luar Neptunus, pada jarak yang lebih besar dari 30 AU (unit astronomi).

Satu AU adalah jarak antara Bumi dan matahari. Objek Sabuk Kuiper (KBO) ini memiliki ukuran mulai dari batu besar hingga berukuran 2.000 km. KBO adalah sisa kecil material planet yang tidak pernah dimasukkan ke dalam planet, mirip dengan sabuk asteroid.

Kehadiran Planet Sembilan telah dihipotesiskan untuk menjelaskan segala sesuatu mulai dari kemiringan sumbu putaran matahari hingga pengelompokan yang tampak dalam KBO. Banyak dari KBO ini yang ditemukan memiliki orbit yang sangat elips dan miring, seperti Pluto.

Perhitungan matematis dan simulasi komputer yang terperinci telah menunjukkan bahwa orbit yang terlihat di Sabuk Kuiper hanya dapat dibuat jika Neptunus awalnya berjarak beberapa AU lebih dekat ke matahari, dan bermigrasi keluar ke orbitnya saat ini. Orbit ekstrim ini telah memberikan bukti terkuat untuk Planet Sembilan.

Dua kelompok peneliti yang terpisah menghitung bahwa hanya sebuah planet besar yang sangat jauh yang dapat menjaga semua orbitnya terbatas pada bagian tata surya. Teori  Planet Nine lahir dari sini.

Planet Sembilan diterorikan berukuran lima hingga 10 kali lebih besar dari Bumi, dengan orbit berkisar antara 300-700 AU.

Ada beberapa prediksi yang dipublikasikan untuk lokasinya di tata surya, tetapi belum ada tim pencarian yang menemukannya. Para astronom telah mencari  lebih dari empat tahun keberadaan Planet Sembilan dan hanya ada bukti tidak langsung yang mendukung keberadaan Planet Sembilan.

Mencari KBO

Dalam tulisan opini di The Conversation, Samantha Lawler menulis bahwa mencari KBO membutuhkan perencanaan yang cermat, perhitungan yang cermat, dan tindak lanjut yang cermat. Tim OSSOS menggunakan Teleskop Kanada-Prancis-Hawaii selama lima tahun untuk menemukan dan melacak lebih dari 800 KBO baru.

KBO yang ditemukan oleh OSSOS memiliki ukuran mulai dari beberapa kilometer hingga lebih dari 100 km, dan jangkauan jarak penemuan dari beberapa AU hingga lebih dari 100 AU, dengan mayoritas pada 40-42 AU di Sabuk Kuiper utama.

KBO tidak memancarkan cahayanya sendiri dan hanya memantulkan cahaya dari matahari. Dengan demikian, bias terhadap deteksi pada jarak yang lebih besar adalah ekstrim.

KBO pada orbit elips akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di bagian paling jauh dari orbitnya. Jadi, meskipun mudah untuk menemukan KBO pada orbit elips ketika mereka dekat dengan matahari dan cerah, KBO ini menghabiskan waktu jauh lebih samar dan lebih sulit untuk dideteksi.

Ini berarti bahwa KBO pada orbit elips sangat sulit ditemukan, terutama yang ekstrem yang selalu relatif jauh dari matahari. Hanya beberapa di antaranya yang telah ditemukan hingga saat ini dan. Dengan teleskop saat ini, para ilmuwan hanya dapat menemukannya ketika berada di titik terdekat dengan matahari di orbitnya.

Penemuan KBO juga jauh lebih kecil kemungkinannya di dekat bidang galaksi Bima Sakti. Dengan bintang  yang tak terhitung jumlahnya membuat sulit untuk menemukan pengembara yang kabur dan es dalam gambar teleskopik.

"Banyak objek yang indah dan mengejutkan masih ditemukan di tata surya luar yang misterius, tetapi saya tidak percaya bahwa Planet Sembilan adalah salah satunya," tulis dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement