Rabu 10 Jun 2020 12:12 WIB

Manfaat L.Casei Bagi Pencernaan

Tanpa L.casei, jauh lebih sulit untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi penting

Yakult
Foto: Yakult
Yakult

REPUBLIKA.CO.ID, Lactobacillus casei (L.casei) Shirota strain adalah salah satu dari banyak bakteri baik atau probiotik yang berada di dalam sistem pencernaan. Bakteri ini juga terdapat di saluran kemih dan kelamin.

Berbeda dengan bakteri berbahaya yang membuat sakit, probiotik, seperti L.casei bermanfaat bagi sistem pencernaan. Sebenarnya, tubuh bergantung pada bakteri ini. Tanpa L.casei, jauh lebih sulit untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi penting.

Ketika tubuh tidak memiliki cukup bakteri yang baik, bisa menambahkan suplemen probiotik yang mengandung L.casei untuk membantu mengatur sistem pencernaan. Suplemen probiotik yang mengandung L.casei digunakan untuk mencegah atau mengobati diare termasuk diare infeksius, diare traveler, dan diare terkait antibiotik.

Probiotik, seperti L.casei umumnya dianggap aman dan berpotensi membantu dalam mengatur sistem pencernaan. Ada banyak penelitian yang menyebutkan manfaat L.casei. Sebuah studi pada 2003 yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology (NCBI) AS menunjukkan bahwa minuman probiotik yang mengandung Lactobacillus casei Shirota, seperti Yakult, adalah terapi tambahan yang bermanfaat bagi orang-orang dengan sembelit kronis.

Para peneliti untuk uji klinis 2014 juga menemukan bahwa suplemen L.casei dapat membantu mengurangi gejala dan meningkatkan sitokin inflamasi pada wanita dengan peradangan sendi akibat sistem kekebalan tubuh.

photo
Mikrobiologis dari Kyoto University Jepang bernama Dr Minoru Shirota. - (Yakult)

 

Salah satu bakteri probotik L.casei yang telah dikonsumsi secara luas adalah L.casei Shirota strain. L.casei Shirota strain ditemukan oleh seorang Mikrobiologis dari Kyoto University Jepang bernama Dr Minoru Shirota.

Pada tahun 1930, Dr Shirota berhasil mengkulturkan bakteri baik L.casei Shirota strain menjadi bakteri unggul yang tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu, sehingga mampu mencapai usus kecil dalam keadaan hidup serta menguntungkan bagi kesehatan manusia. Satu studi mengungkapkan bahwa asupan susu teratur yang difermentasi dengan L.casei Shirota dapat meningkatkan kebiasaan buang air besar penderita penyakit parkinson.

Selain itu, L.casei Shirota terbukti memiliki efek menyehatkan sejak dipasarkan secara luas dalam minuman Yakult sejak tahun 1930. Hal ini ditulis dengan jelas oleh Haesman dan Mellentin dalam bukunya berjudul The Functional Foods Revolution (2001).

"L.casei ini luar biasa, bakteri yang benar-benar baik asal tidak mati, karena nanti keefektivan probiotiknya turun. Bagus untuk dikonsumsi setiap hari," ujar Prof. Dr. FG Winarno.

Terdapat 30 juta bakteri hidup L.casei dalam satu botol Yakult berukuran 100 mili. Mengonsumsi sebotol Yakult dengan jumlah bakteri tersebut, kata Profesor Winarno, dinilai sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan bakteri hidup setidaknya satu juta per mililiter.

Minum Yakult akan memberikan kesehatan dengan harga terjangkau. Dengan mengonsumsi satu botol Yakult setiap hari, akan menyehatkan usus dan kita mampu melakukan kegiatan karena daya tahan tubuh selalu terjaga baik. Karena usus yang sehat adalah kunci umur panjang, dan menjadi landasan kesehatan keluarga. (Adv)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement