Selasa 09 Jun 2020 09:54 WIB

Tips Internet Tetap Stabil Saat WFH

Kita harus bijak memilah dan memahami penggunaan internet sesuai kebutuhan.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Tips Internet Tetap Stabil saat WFH. (FOTO: IndiHome)
Tips Internet Tetap Stabil saat WFH. (FOTO: IndiHome)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Internet telah menjadi kebutuhan yang penting bagi masyarakat. Ditambah lagi, saat ini masyarakat Indonesia sedang menerapkan physical distancing untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona.

Dalam situasi tersebut, banyak masyarakat Indonesia yang melaksanakan kegiatan belajar dan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dengan mengandalkan akses internet broadband di rumah. Tak hanya itu, kini masyarakat pun banyak mengakses hiburan secara online di rumah seperti streaming film di berbagai platform digital.

Penggunaan akses internet secara bersamaan dapat menyebabkan trafik terus melonjak yang dapat membuat koneksi internet di rumah menjadi tidak stabil. Kecepatan yang tidak stabil bisa membuat aktivitas terhambat apalagi di saat harus belajar atau bekerja menggunakan internet.

Simak tips berikut agar internet rumahmu tetap stabil saat menjalankan WFH!

1. Utamakan Penggunaan Internet yang Lebih Penting

Sebagai pengguna internet, kita harus dapat memilah penggunaan koneksi internet dari yang lebih penting terlebih dahulu. Misalnya saat melaksanakan kegiatan WFH, akses internet diperlukan untuk rapat bersama rekan kerja melalui video conference maka perlu dihindari akses internet yang tidak penting seperti mengunduh game dengan ukuran yang besar karena hal tersebut dapat memfokuskan bandwith kepada kegiatan unduh file yang lebih besar terlebih dahulu.

2. Hindari Terlalu Banyak Pengguna atau Device yang Terkoneksi

Internet di rumah bisa digunakan oleh siapa saja yang memiliki akses dan berada di dalam jangkauan router. Makin banyak pengguna, tentu saja berpengaruh terhadap kecepatan akses internet di rumah. Oleh karena itu, kita bisa memasang atau mengganti password secara berkala untuk membatasi akses pengguna lain yang tidak kita inginkan. Serta, jangan lupa untuk disconnect internet pada perangkat atau device yang tidak sedang dipakai, ya!

3. Stop Gunakan Internet Berlebihan

Tanpa kita sadari, aktivitas penggunaan internet untuk hiburan secara online saja dapat menduduki bandwith internet yang besar sehingga dapat membuat koneksi internet tidak stabil. Oleh karena itu, kita harus bisa mengatur penggunaan internet di rumah dengan baik serta luangkan waktumu untuk kegiatan bersama keluarga dan berolahraga saat WFH agar tubuh tetap sehat.

4. Cek Kondisi Seluruh Perangkat dengan Baik

Terkadang, penyebab internet tidak stabil adalah terjadinya overheat pada modem yang disebabkan oleh beban yang berlebih serta terus menyala. Kita perlu melakukan restart pada modem dan mematikan modem apabila sedang tidak  dipakai untuk menghindari panas yang berlebih. Jangan lupa pastikan seluruh perangkat beroperasi dengan baik, seperti lampu LED modem berwarna hijau dan port kabel LAN tertancap dengan baik untuk mendapatkan internet yang stabil.

5. Pahami Kebijakan Fair Usage Policy (FUP)

Kebijakan Fair Usage Policy (FUP) telah berlaku di berbagai negara seperti Amerika, Jepang, Malaysia, dan termasuk Indonesia. Kebijakan FUP dibuat untuk melindungi seluruh masyarakat yang mengakses internet dengan wajar atau normal user dari pemanfaatan pemakaian internet yang berlebih oleh pengguna berat atau heavy user.

Biasanya, heavy user menyalahgunakan fasilitas unlimited internet untuk bisnis warnet atau untuk bisnis film ilegal sehingga pemakaian akses internet menjadi tidak wajar dan dapat mengganggu pengguna lain.

Kegiatan WFH memang mungkin membosankan bagi kita. Namun, sebagai pengguna internet broadband bersama keluarga di rumah, kita juga harus bijak memilah dan memahami penggunaan internet sesuai dengan kebutuhan agar konektivitas dapat terus stabil. Yuk, gunakan internet dengan baik dan tetap di rumah saja!

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement