Selasa 09 Jun 2020 09:21 WIB

Jupiter, Saturnus, dan Bulan Buat Formasi Segitiga di Langit

Jupiter berada di kanan bulan, sementara Saturnus di antara keduanya.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Jupiter dan Saturnus akan terlihat membentuk segitiga bersama dengan bulan.
Foto: sky safari apps via space.com
Jupiter dan Saturnus akan terlihat membentuk segitiga bersama dengan bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pemandangan langit malam hari yang spektakuler dapat Anda nikmati mulai Senin (8/6) bahkan hingga pagi hari menjelang matahari terbit. Dilansir Space, Jupiter dan Saturnus akan terlihat membentuk segitiga bersama dengan bulan.

Seiring munculnya bulan, Jupiter kemudian tampak dan keduanya berbagi bujur langit yang sama. Kemudian, Saturnus terlihat mendekat sembilan jam kemudian.

Baca Juga

Ketiganya akan naik ke langit malam sebelum tengah malam, yang dapat dilihat secara bersamaan sepanjang malam sampai mereka memudar saat pagi tiba. Untuk menemukan tiga benda langit tersebut, cobalah mencapai bagian selatan dari lokasi dan cari bulan, yang akan memandu Anda ke planet terang di dekatnya.

Jupiter akan berada di barat (kanan) bulan, sementara Saturnus akan berpusat di atas keduanya. Gunakan mata Anda sekitar 20 menit untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan.

Jika harus menggunakan bagan langit atau ponsel, pastikan untuk menggunakan filter red light, agar mata Anda tidak terlalu terdampak dari cahaya. Menurut laporan, konjungsi Jupiter dan bulan akan berada di rasi Sagitarius.

Bintang-bintang yang paling terang terlihat dengan mata telanjang biasanya memiliki perbandingan sekitar 5 atau 6 sehingga benda-benda terang ini dapat mudah dikenali, bahkan di daerah dengan polusi cahaya. Jika Anda cukup beruntung memiliki teleskop, Jupiter dan bulan akan terlihat terpisah terlalu jauh untuk bisa masuk dalam satu bidang pandang. Namun, keduanya tetap akan terlihat melalui teropong atau teleskop bintang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement