Selasa 09 Jun 2020 04:21 WIB

Megaproyek Rel Kereta Hubungkan China dan Pakistan Disetujui

Pakistan setuju pembangunan rel kereta api terhubung dengan China.

Rep: Saudi Gazzette/ Red: Elba Damhuri
Ilustrasi Presiden Cina Xi Jinping
Foto: MgIT03
Ilustrasi Presiden Cina Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD --- Pakistan telah menyetujui proyek peningkatan jalur kereta api senilai 7,2 miliar dolar AS antara Peshawar dan Karachi di bawah Koridor Ekonomi China Pakistan (CPEC).

"Persetujuan proyek untuk meningkatkan jalur kereta api sepanjang 1.872 km dari Peshawar ke Karachi adalah tonggak besar untuk fase kedua CPEC," kata Letjen (Purn), Asim Saleem Bajwa, ketua Otoritas CPEC.

Kereta api utama ini akan menghubungkan kota Kashgar di China selatan dengan pelabuhan Gwadar di pantai barat daya provinsi Balochistan. Presiden Cina Xi Jinping akan membuka proyek selama kunjungan mendatang ke Pakistan.

Proyek ini mencakup modernisasi kereta api yang membentang dari barat laut Peshawar ke Karachi Selatan, dengan panjang 1.872 km, dan peningkatan kecepatan kereta penumpang dari 110 menjadi 160 km per jam.

Bajwa menambahkan persetujuan tersebut membuka jalan bagi negosiasi akhir dengan China untuk membiayai proyek dengan sepengetahuan Dana Moneter Internasional (IMF). Sementara Bank Dunia mengaitkan keberhasilan proyek tersebut dengan mewujudkan reformasi tata kelola di perkeretaapian Pakistan.

sumber : Saudi Gazette
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement