Selasa 09 Jun 2020 02:00 WIB

Pasien Positif Covid-19 Sulsel Bertambah 110 Kasus

Dinkes menyesalkan ada pengambilan paksa jenazah PDP.

Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pasien positif Covid-19 di Provinsi Sulawesi Selatan, dilaporkan mengalami penambahan 110 kasus.  Dengan begitu total kasus Covid-19 di Sulsel menjadi 2.014 orang per 8 Juni 2020. Berdasarkan data yang dilansir, Selasa, untuk pasien sembuh dan meninggal dunia, sejauh ini belum ada penambahan dari data tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Muh Ichsan Mustari mengatakan sejauh ini pihaknya berusaha memberikan layanan terbaik bagi pasien dan terus melakukan tracking kontak kepada keluarga dan orang yang pernah berhubungan dengan pasien positif.

Baca Juga

Berkaitan dengan perkembangan Covid-19, dan masalah yang belakangan ini terjadi, seperti pengambilan paksa jenazah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal di rumah sakit, pihaknya menyayangkan perilaku tersebut.

"Kita sebenarnya tidak menginginkan prosesnya seperti itu, yang kita jalankan sesuai dengan protap. Namun, kondisi bencana ini, dalam rangka memutuskan mata rantai penularan virus semuanya harus patuh terhadap protokoler kesehatan COVID-19," ujarnya saat video confrencesecara virtual.

Masalah lainnya, yakni pemakaman jenazah PDP secara protokol Covid-19 seringkali mendapat penolakan. Hal itu karena hasil swab PDP tidak langsung keluar. Padahal berdasarkan protokol dan pedoman kesehatan, pasien harus dikuburkan serta penanganan jenazah tidak boleh lebih dari empat jam, sudah harus dikebumikan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement