Selasa 09 Jun 2020 03:55 WIB

Sarapan dengan Telur? Ini Manfaatnya

Ada manfaat bagi tubuh saat kita sarapan dengan telur.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Muhammad Hafil
Sarapan dengan Telur? Ini Manfaatnya. Foto:  Rebusan Telur (Ilustrasi)
Foto: Flickr
Sarapan dengan Telur? Ini Manfaatnya. Foto: Rebusan Telur (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,COLUMBIA -- Sarapan sederhana dengan menu telur ternyata memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Studi yang digagas periset dari Universitas Missouri, Amerika Serikat, mengungkap sarapan telur terbukti membantu penurunan berat badan.

Sebanyak 65 persen responden yang sarapan dengan telur setiap hari berhasil mencapai berat badan ideal setelah delapan pekan. Telur mengandung banyak protein, sehingga menekan nafsu makan dan mengurangi kemungkinan makan berlebih sepanjang sisa hari.

Baca Juga

Studi yang diterbitkan oleh Departemen Nutrisi dan Latihan Fisiologi di universitas itu juga mengungkap manfaat lain dari sarapan telur. Menyantap telur membuat glukosa darah lebih stabil dan mempercepat metabolisme melalui proses yang disebut efek termal.

Asosiasi Jantung Amerika (AHA) mendukung opsi telur sebagai menu sarapan. Menurut AHA, 72,5 persen bagian telur terdiri dari protein murni, melebihi kandungan lemaknya yang berjumlah sekitar 1,5 gram. Dari sudut pandang gizi, kandungan itu sangat baik.

Sebutir telur memberikan tubuh sebanyak 78 kalori, dengan sumber protein padat, vitamin D, san kolin. Kombinasi itu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi hati, serta mendukung perkembangan otak janin bagi ibu yang sedang mengandung.

Bukan hanya putih telur yang kaya nutrisi, kuning telur juga amat penting karena sumber signifikan lutein dan zeaxanthin. Nutrisi itu terbukti mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula, penyebab utama kebutaan pada orang di atas usia 55 tahun.

Sebagian orang menyangsikan manfaat telur karena menganggapnya mengandung kolesterol dalam jumlah tinggi. Selama Anda bukan pengidap penyakit jantung, diabetes, atau pernah terkena serangan jantung, sarapan telur dalam jumlah wajar tetap menyehatkan.

Memasukkan satu atau dua butir telur dalam menu harian sangat dianjurkan. Akan tetapi, perlu diingat cara pengolahan telur yang tepat. Menggorengnya dalam minyak nabati atau menambahkan mentega tentunya akan meningkatkan kandungan kalori dan kolesterol.

 

Sebagai alternatif, gunakan minyak zaitun yang menyehatkan jantung guna menekan kelebihan kalori. Cara lain, pilih susu alih-alih mentega saat membuat telur orak-arik, kemudian masak perlahan dengan api kecil, dikutip dari laman Red Online.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement