Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Besarnya Pengaruh Messi untuk Frenkie De Jong

Senin 08 Jun 2020 16:35 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Gelandang Barcelona Arthur Melo (tengah) merayakan gol ke gawang Leganes bersama Lionel Messi (kiri) dan Frenki De Jong.

Gelandang Barcelona Arthur Melo (tengah) merayakan gol ke gawang Leganes bersama Lionel Messi (kiri) dan Frenki De Jong.

Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
De Jong tak pernah sejenakpun melewatkan petuah-petuah dari Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong, mengakui, Lionel Messi memiliki pengaruh besar dalam perkembangan permainannya di Blaugrana. Dengan menyebut Messi sebagai salah satu pemain terbaik di dunia saat ini, De Jong pun tidak memiliki pilihan selain menurut instruksi peraih enam penghargaan Ballon d'Or tersebut.

''Jika Lionel Messi berbicara dan memberikan saran, maka Anda mendengarkan, karena dia adalah pemain terbaik di dunia hingga saat ini. Dia kerap memberikan saran kepada saya. Terkadang, dia meminta saya untuk bermain lebih ke dalam atau terlalu ke sisi lapangan. Hal itu mungkin terdengar kecil, tapi itu berpengaruh besar pada permainan,'' kata De Jong, Senin (8/6).

De Jong merupakan muka baru di skuat tim asal Katalan tersebut. Direkrut dari Ajax Amsterdam dengan banderol transfer mencapai 75 juta euro pada Januari silam, gelandang berusia 23 tahun itu baru secara resmi mengenakan seragam Barcelona pada awal musim ini. Performa impresif De Jong selama memperkuat Ajax membuat Barcelona merekrutnya ke Stadion Camp Nou.

Puncaknya, De Jong sukses mengantarkan Ajax Amsterdam menembus partai semifinal Liga Champions pada musim lalu atau musim terakhirnya membela Die Godenzonen. Meski disebut-sebut sebagai pemain yang memiliki masa depan cerah di Barcelona, tapi De Jong mengaku harus tetap beradaptasi dengan gaya permainan Blaugrana.

Bahkan, di Barcelona, De Jong mengungkapkan memiliki peran dan posisi yang sedikit berbeda dibanding kala masih tampil di Ajax Amsterdam atau memperkuat timnas Belanda. ''Di Ajax atau di timnas Belanda, saya memiliki peran yang berbeda di banding di Barcelona. Pasalnya, Ajax dan timnas Belanda menggunakan dua pemain gelandang bertahan. Karena itu, saya harus beradaptasi dan meningkatkan kemampuan di Barcelona,'' kata alumni tim junior Ajax tersebut.

Kendati begitu, De Jong menegaskan tidak pernah menyesal bergabung bersama Barcelona. Selain Barcelona, De Jong sempat dikabarkan dilirik Paris Saint Germain (PSG) dan Manchester City pada pertengahan musim lalu. Namun, De Jong lebih memilih merapat ke klub favoritnya tersebut.

''Pada awalnya, saya sempat ragu dengan keseriusan mereka (Barcelona). Namun, saat saya mendapatkan jaminan tampil di tim utama, maka semuanya menjadi lebih mudah buat saya. Bermain untuk Barcelona adalah impian saya sejak kecil dan saya begitu bahagia,'' tutur De Jong.

Pada musim ini, De Jong sukses mengemas dua gol dan dua assist dalam 26 penampilan di pentas La Liga musim ini. Kini, De Jong memiliki kesempatan untuk menajamkan catatan tersebut saat Barcelona menghadapi Real Mallorca di laga perdana Blaugrana, Sabtu (13/6) waktu setempat, pasca penghentian sementara La Liga selama tiga bulan pasca pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA