Selasa 09 Jun 2020 00:30 WIB

Kim Jong-un Rapat Politbiro Dorong Kemandirian Ekonomi Korut

Korut memberi prioritas untuk pengembangan industri kimia.

Pemimpin Korut, Kim Jong-un.
Foto: EPA
Pemimpin Korut, Kim Jong-un.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiri pertemuan politbiro Partai Buruh yang berkuasa di negeri itu. Kantor berita Korut, KCNA melaporkan, Kim membahas swasembada bidang ekonomi negara itu.

"Rapat membahas isu-isu genting yang muncul dalam mengembangkan lebih lanjut ekonomi swasembada negeri dan memperbaiki standar hidup rakyat," lapor KCNA.

Baca Juga

Pertemuan dua hari itu berlangsung pada saat ketakpastian ekonomi di tengah pandemi global Covid-19 yang meningkatkan tekanan pada perekonomian Korut. Seperti diketahui ekonomi Korut sudah terpukul oleh sanksi internasional akibat program nuklir Pyongyang.

"Proyek-proyek ekonomi, termasuk industri kimia, juga dibicarakan dalam pertemuan.

Pertemuan ke-13 biro politik itu berulang kali menekankan bahwa industri kimia merupakan "ujung tombak utama perekonomian nasional," kata KCNA.

Kim menekankan kebutuhan untuk memberikan prioritas buat meningkatkan kemampuan memproduksi pupuk.

Setelah beberapa pekan spekulasi yang intens mengenai kesehatannya, KCNA melaporkan Kim menghadiri pembukaan sebuah pabrik pupuk pada 1 Mei. Rapat itu juga menekankan pembangunan perumahan warga sebagai jalan menuju standar hidup yang lebih baik rakyat Korut.

Tidak seperti biasanya, Kimdalam beberapa bulan terakhir tidak terlalu sering muncul di publik. Ia tak hadir pada satu perayaan besar sehingga menimbulkan spekulasi mengenai keadaannya saat Pyongyang meningkatkan langkah-langkah memerangi pandemi Covid-19.

Walaupun Korut mengatakan pihaknya tak mempunyai kasus virus Corona baru yang terkonfirmasi, badan intelijen utama Korsel mengatakan kemungkinan tidak dapat dikesampingkan bahwa Korut ikut terpapar wabah.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement