Senin 08 Jun 2020 06:49 WIB

Literasi Sistematis Bagi Para Peneliti

Buku Ini berisi 10 bab yang disusun berurutan sehingga mudah dipahami pembaca.

Buku Metode Penelitian Survei
Foto:

Sampai di bab tujuh dan delapan pembaca kembali diajak untuk belajar memahami mengenai sejarah statistik, penerapan statistik, apa itu tabel kontingensi, statistik parametrik termasuk uji-t. Uji t adalah salah satu uji statistik parametrik yang dikembangkan oleh William S Gosset pada tahun 1915, jenis uji ini bertujuan untuk mengkomparasi atau membandingkan apakah rata-rata sebuah populasi ataupun 2 populasi, memiliki perbedaan secara signifikan. William Sealy Gosset (13 Juni 1876-Oktober 16, 1937) dikenal sebagai seorang ahli statistik, ia menggunakan ilmu statistiknya di bidang pembuatan bir dan seleksi varietas di ladang gerst (semacam gandum untuk membuat bir) saat bekerja di perusahaan pembuatan bir Dublin Arthur Guinness & Son.

Sebagai dosen senior, Morissan cukup jeli dalam menyusun buku ini dengan memberikan rumus-rumus perhitungan yang disertai dengan contoh soal agar pembaca lebih mudah mengerti dan mencoba menghitung sendiri berdasar rumus yang telah diberikan. Tidak sulit bahkan bagi yang baru pertama kali belajar penelitian survei.

Ketelitian adalah kunci dalam mengerjakan contoh-contoh soal yang diberikan dalam buku ini. Karena sebenarnya meski disebut contoh soal, namun jawabannya sudah diberikan langsung berikut dengan cara perhitungannya.

Pembaca juga dapat mempelajari tentang perbedaan ukuran sampel. Pada bab sembilan pembaca akan diperkenalkan dengan analisis varian Anova. Uji Anova adalah bentuk khusus dari analisis statistik yang banyak digunakan dalam penelitian eksperimen.

Metode analisis ini dikembangkan oleh R.A Fisher. Uji Anova juga adalah bentuk uji hipotesis statistik dimana kita mengambil kesimpulan berdasarkan data atau kelompok statistik inferentif. Hipotesis nol dari uji Anova adalah bahwa data adalah simple random dari populasi yang sama sehingga memiliki ekspektasi mean dan varians yang sama.

Sir Ronald Aylmer Fisher adalah pakar statistika, pertanian eksperimental, dan genetika kuantitatif asal Inggris. Ronald Fisher adalah pemberi landasan bagi banyak aspek dalam statistika modern, khususnya di bidang statistika inferensi, yang mempelajari teori estimasi dan uji hipotesis.

Pada bab terakhir yaitu bab sepuluh pembaca akan mendapat pemaparan tentang interpretasi korelasi. Di bab ini statistik korelasi dan regresi akan dibahas secara menyeluruh. Bagaimana membuat grafik korelasi, kekuatan hubungan seperti Pearson Product Moment Correlation, Spearman Rank Order Correlation dan Koefisien-phi juga tentang regresi linier sederhana.

Korelasi Pearson atau sering disebut Korelasi Product Moment (KPM) merupakan alat uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis asosiatif (uji hubungan) dua variabel bila datanya berskala interval atau rasio. Uji Spearman merupakan salah satu uji statistik non paramateris. Digunakan apabila ingin mengetahui kesesuaian antara 2 subjek di mana skala datanya adalah ordinal.

Namun kenyataannya, uji spearman rank banyak disalahgunakan.Uji Spearman hanya diperuntukkan bagi uji dengan 2 subjek yang berbeda atau disebut juga sampel bebas. Karena uji kesesuaian, maka jelas sifat hubungan kedua variabel adalah simetris, bukan resiprocal. Buku ini akan memberi penjelasan yang mudah dimengerti.

Ada cukup banyak istilah yang mungkin jarang ditemui. Untuk itu dibagian akhir, buku ini menyertakan sebuah glosarium yaitu daftar alfabetis istilah terkait metode penelitian survei yang dilengkapi dengan definisi yang sangat mudah dimengerti. Untuk yang memang sehari-hari terbiasa dalam hal penelitian tentu akan semakin memudahkan saat akan melakukan survei. Terdapat pula lampiran dan beberapa referensi yang membuat buku ini semakin lengkap dan sangat berguna untuk menjadi bahan literasi bagi para akedemisi atau profesional yang hendak mendalami metode penelitian survei.

Identitas Buku

Judul Buku        : Metode Penelitian Survey

Penulis Buku        : Morissan

Penerbit Buku         : Prenadamedia Group

Cetakan            : Ke -5, Oktober Tahun 2018

Ketebalan Buku        : xii + 434 halaman

Ukuran            : 15 X 23 cm

ISBN            : 978 -602-422-739-5

Penulis: R. Berto Wedhatama, Mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement