Senin 08 Jun 2020 06:09 WIB

IPB Penyelenggara Pendidikan Statistika Terbaik di Indonesia

Statistisi dan data scientist sangat diperlukan dunia industri, bisnis dan riset.

Kampus IPB University, Bogor.
Foto: ANTARA
Kampus IPB University, Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University, Prof Dr Khairil Anwar Notodiputro, MS perkenalkan Program Studi (Prodi) Statistika dan Sains Data dalam Seminar Online: Data Science  yang diselenggarakan oleh Prodi Sarjana, Magister, Doktor Statistika dan Sains Data, IPB University, Rabu (3/6).

IPB University mengubah Prodi Statistika menjadi Prodi Statistika dan Sains Data untuk program Sarjana, Magister dan Doktor. “Dengan perubahan Prodi ini ternyata kian meningkatkan antusiasme calon mahasiswa,” kata Prof Khairil dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Dalam seminar ini, Prof Khairil juga mengungkapkan bahwa statistika dan sains data merupakan satu kesatuan. Statistika merupakan salah satu kompetensi inti yang menunjang keberlangsungan seorang data scientist.

“Mengkombinasikan metode statistika para statistisi dan algoritma komputasi seorang sains data akan menghasilkan kesimpulan atau keputusan yang bersifat ilmiah. Statistika merupakan disiplin ilmu yang dapat diterima di semua kalangan. IPB University sendiri sudah mempelopori Prodi Statistika sejak tahun 1968. Statistika adalah salah satu prodi favorit yang dimiliki oleh IPB University sekaligus diakui oleh penyelenggara pendidikan menjadi prodi statistika terbaik se-Indonesia,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pembukaan Prodi Statistika dan Sains Data ini diharapkan dapat semakin mendukung keberadaan IPB University ke depannya. Hal ini dikarenakan dunia industri, bisnis dan riset di berbagai bidang saat sekarang sangat membutuhkan dukungan para statistisi dan data scientist.

“Kombinasi dua disiplin ilmu tersebut dapat membuat para pembelajarnya semakin diterima di semua jenis industri,” pungkasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement