Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Album Baru Lady Gaga Raih Predikat Penjualan Tercepat

Ahad 07 Jun 2020 21:40 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Album baru Lady Gaga, yang berjudul 'Chromatica', telah memasuki tangga lagu UK di nomor satu (Foto: Lady Gaga)

Album baru Lady Gaga, yang berjudul 'Chromatica', telah memasuki tangga lagu UK di nomor satu (Foto: Lady Gaga)

Foto: EPA-EFE/Justin Lane
Album Lady Gaga jadi rekor pembukaan album terbesar tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Album baru Lady Gaga, yang berjudul 'Chromatica', telah memasuki tangga lagu UK di nomor satu, setelah mengalahkan 10 besar gabungan album. Dilansir di laman BBC, Ahad (7/6), rekor ini menjadikan pekan pembukaan album terbesar tahun ini sejauh ini.

Gaga pun kembali menjadi sorotan karena berhasil kembali meroket setelah debutnya dengan penjualan album yang terjual sebanyak 53.000 kopi. Album ini juga menjadi album terlaris sejak album ketiganya yang diluncurkan pada 2013 yaitu Artpop.

Lagu yang sempat meledak pada 2019 lalu, A Star Is Born, juga termasuk dalam album ini. Seperti yang diketahui, lagu ini populer dan membantunya memenangkan Oscar untuk lagu terbaik pada 2019.

Penyanyi yang juga seorang penulis lagu itu merupakan seorang penderita penyakit kronis dan depresi. Dia mengatakan album itu menjadi catatan yang dimaksudkan sebagai penangkal masa-masa sulit.

"Saya membuat rekaman dansa lagi dan lantai dansa ini. Itu milik saya, saya mendapatkannya, dan semua hal yang saya lalui," kata Gaga kepada Zane Lowe dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Dia juga menyebut, awal mula album ini benar-benar melambangkan awal perjalanannya menuju penyembuhan baginya. “Dan apa yang saya harapkan akan menjadi inspirasi bagi orang-orang yang membutuhkan penyembuhan melalui kebahagiaan, melalui menari,” kata Gaga.

Para kritikus menyebut album rekaman itu mewujudkan kembalinya jati diri Gaga ke bentuk semula. Hal itu keluar setelah Gaga mencoba memberikan karya bernuansa akustik yang cenderung country dari album kelimanya, Joanne.

"Lagu untuk lagu, itu yang terbaik. Dia terdengar seperti dia tahu persis siapa dia, apa yang ingin dia katakan dan bagaimana dia ingin mengatakannya,” tulis majalah Variety.

Sementara menurut Rolling Stone, album ini merupakan sebuah kebangkitan pop Gaga yang datang pada waktu terbaik. The Independent memuji album ini dengan menyebut album ini berisikan lagu-lagu kebangsaan sang bintang, refleksi diri, penghancuran diri dan reklamasi diri.

Menurut Official Charts Company, Chromatica adalah album paling populer pada pekan ini dalam setiap format. Baik fisik, streaming, maupun unduhan. Album ini juga menjadi album yang memiliki penjualan tercepat tahun ini di vinyl, dengan 8.500 eksemplar terjual.

Hal ini didukung dengan tiga trek lagu yang berhasil masuk ke tangga lagu tunggal. Lagu “Rain On Me” yang berduet dengan penyanyi Ariana Grande memimpin, yang bertengger pada nomor dua Top 5 Singles dunia. Gaga juga diperkirakan akan berada di puncak tangga lagu Billboard AS pada pekan depan, dengan proyeksi penjualan hingga 250.000 kopi.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA