Ahad 07 Jun 2020 04:36 WIB

Drg. Irvanda: Bisnis MUA Harusnya tetap Eksis Saat Pandemi

Para MUA terkendala karena adanya penerapan social distancing.

Lawan Corona. Ilustrasi
Foto: Republika
Lawan Corona. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pandemi Covid-19 berdampak terhadap berbagai sektor, termasuk industri Make Up Artist atau yang lebih dikenal dengan sebutan MUA. Seperti yang dialami MUA dari Surabaya, Jawa Timur, drg. Irvanda Mulyaningsih Sp.Ort.

Dokter gigi yang mengawali karier sebagai freelance MUA pada 2005 ini tak menampik, order di pernikahan banyak tertunda. Sudah ada tiga klien wedding dan lima acara wisuda juga dibatalkan. Serupa, semua takut tertular virus corona baru dari makeup artist.

photo
drg. Irvanda Mulyaningsih Sp.Ort. - (Dok. Pri)

"Padahal seharusnya tidak perlu  dikhawatirkan selama MUA dan klien sama-sama mengantisipasi kemungkinan terjadinya sentuhan fisik secara langsung," ujar waniya yang akrab disapa Vanda ini, Sabtu (6/6).

Vanda menjelaskan, penundaan maupun pembatalan wedding dan wisuda sebenarnya bisa dikatakan masuk akal dan juga tidak masuk akal.

”Masuk akal, mungkin karena takut tertular virus corona baru yang bisa datang dari mana saja, tapi juga tidak masuk akal, karena selama penyelenggara pernikahan maupun wisuda dilakukan dengan antisipasi sesuai prosedur, maka akan aman-aman saja," ucapnya.

Alumnus dokter Gigi Spesialis Orthodonsia Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini, mendapat kesuksesan di dua bidang profesi yang ia jalankan. Selain menjadi dokter gigi, Vanda juga tenar melalui brand Vanda Make Up Artist. 

Ia mengawali langkah sebagai freelancer serta mengambil les private MUA. "Keduanya memang passion saya, selain itu saya juga bisa mendapatkan uang tambahan dari freelance MUA. Tapi akhirnya, baru selepas lulus kuliah, saya berani secara serius menjalani kedua bidang profesi tersebut," kata Vanda. 

Setelah kurang lebih selama tujuh tahun merintis, perempuan kelahiran 16 Juli 1985 ini dihinggapi berbagai keberhasilan. Selain berdinas sebagai Dokter Gigi Spesialis Orthodinsia di RS Siti Hajar Sidoarjo, dan membuka praktek pribadi di bilangan Delta Sari Waru, Sidoarjo, ia juga pernah mendapatkan klien artis seperti Yuki Kato, Puteri Indonesia Jawa Timur tahun 2008 sampai 2009, hingga istri pejabat Gus Ipul yang pada saat itu masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur yaitu Fatma Saifullah Yusus.

"Alhamdulillah, kerja keras saya selama ini, berbuah manis. Berbagai pencapaian itu saya tandai sebagai pelecut motivasi, untuk terus menjaga kualitas kerja saya, atau bahkan saya push agar saya bisa naik di next level berikutnya," kata Vanda mengisahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement