Sabtu 06 Jun 2020 03:33 WIB
Islam

Islam, Haji dan Kehidupan Batin Masyarakat Jawa

Sesungguhnya ajran Islam sudah merasuk begitu dalam pada masyarkat Jawa

Raja Pakubuwono X ketika berkunjung ke Masjid Luar Batang 1920
Foto: Gahetna.nil
Raja Pakubuwono X ketika berkunjung ke Masjid Luar Batang 1920

REPUBLIKA.CO.ID,, -- Oleh:Muhammad Subarkah, Jurnalis Republika

Sampai kini masih ada anggapan bahwa orang Jawa masih memeluk Islam setipis kulit ari. Danhal hal ini sudah lama dibantah. Banyak orang, seperti sejarawan  UI, Dr Didik Pradjoko mengatakan tidak benar. Dia mencontohkan dengan fakta dengan mengacu pada hasil penelitian Nancy Florida mengenai pengaruh Islam dalam kehidupan orang Jawa justru semenjak masa lalu sudah sangat dalam.

Bahkan  Didik mencontohkan bila di tinjau dari tulisan dalam berbagai dokumen tulisan Jawa teryata pengaruh Hindunya hanya 10 persen saja. Yang 90 persen adalah ajaran Islam yang ditulis dalam tulisan Jawa. Akibatnya, karena ditulis dengan memakai huruf Jawa langsung secara  ‘gampangan’ dianggap tulisan yang terpengaruh ajaran Hindu.

‘’Naskah kitab jawa itu kira jumlahnya sekitar 450 buah. Dari penelitian Nancy Florida hanya yang berisi ajaran Hindu kurang dari 40 buah.  Sisanya ajaran Islam. Nah, fakta inilah yang kemudian disembunyikan kolonial karena selama ini hanya membesar-besarkan tulisan yang 10 persen saja. Sisanya lebih dari 400 buah tidak disentuh karena mereka tahu isinya ajaran Islam. Jadi selama ini  anggapan negatif ini dibangun dengan maksud tertentu oleh kolonial dengan tujuan sangat politis,’’ kata Didik Pradjoko dalam sebuah percakapan.

Pada sisi lain, kitab-kitab berbahasa Arab semenjak masa lalu banyak sekali diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa, sekaligus berhuruf Jawa. Seperti Kiai Ahmad Rifa’i (Ripangi) dari Batang, Pekalongan. Beliau yang hidup abad 19 akhir, banyak menulis saduran dan terjemahan dari kitab berbahasa Arab, sekaligus menuliskan pemikirannya dalam bahasa Jawa.

“Masalahnya orang awam begitu melihat kitan Jawa berhuruf Jawa sudah apriori, wah pasti karya kejawen,’’ kata Didik dalam tulisannya ‘Menguji Keislaman Orang Jawa Santri dan Abangan’. Artikel ini terbit di Harian Pelita 6 November 1992 dan ditulis Didik kala masih mahasiswa.

Mengenal Tradisi Sekaten yang Tak Lekang Oleh Waktu - Ublik.id

  • Keterangan foto: Perayaan Sekaten yang masih lestari hingga kini menjadi bukti dalamnya ajaran Islam di Jawa.

Bukti ke dalam batin orang Jawa terhadap Islam terlihat sekali pada sikap priyayi yang rata-rata tetap enggan masuk agama lain, kecuali Islam. Ini sangat jelas ditunjukan misalnya dalam sikap keluarga bangsawawan Surakarta yang terlibat aktif dalam perjuangan pergerakan yang beridiologi Islam. Bahkan Pangeran Hangabehi yang kala itu menjadi putra mahkota dan kemudian menjadi raja dengan gelar Pakubuwono XII, sempat terpilih menjadi pelindung Central Comite Sarikat Islam pada tahun 1913.

Akibatnya, kemunculan Sarekat Islam pernah diramalkan Snouck Hurgronje, bahwa Gubernur Jendral Idenburg harus menghentikan program Kristenisasi karena hal ini akan menimbulkan alasan bagi munculnya gerakan Islam. Snouck kemudian menawarkan program ‘Asosiasi’ yaitu mendidik para pelajar Jawa untuk menjadikan mereka berpikir Barat dan sekuler serta menjauhkan diri dari agama (Islam).

Bukti itu terdapat  dalam laporan A.D Cornet de Groot pada tahun 1822 yang waktu itu merupakan Residen Gresik. Dalam sebuah laporannya yang mendeskripsikan Gresik di Jawa Timur. Dia mengisahkan bahwa rukun Islam sudah dijalankan secara luas oleh masyarakat. Dia menulis begini seperti dikutip oleh sejarawan M.C Ricklefs dalam karyanya ‘Mengislamkan Jawa’:

Poin-poin utama dalam keyakinan Islam, yang dijalankan oleh banyak orang, adalah syahadat (pengakuan iman), sembahyang (doa harian), puasa, zakat (sedekah), fitrah (sumbangan di akhir puasa), dan haji (peziarahan).. Puasa dilakukan oleh sebagian besar orang Jawa dari semua kelas.

Dukungan lain untuk pandangan ini datang dari J.W Winter, yang bekerja sebagai penerjemah di Surakart semenjak akhir abad ke-18 dan menuliskan laporan pada 1824. Pengamatannya terhadai Islam di antara orang jawa mengggabungkan wawasan dan ketidaktahuan dan, karenya, mesti dipahami secara hati-hati. Namun demikian, sungguh menarik bahwa di bagian akhir laporan yang diberi judul ‘Takhayul’, Winter menulis:

‘’Saya tidak mengatakan bahwa masyarakat Jawa tidak menjalankan dengan sungguh-sungguh agama mereka seturut kepercayaan Muhammad, yang dipeluk mereka di segenap penjuru Jawa. Para pemeluknya sangat patuh pada ajaran Islam.

Pada bagian lain, M.C Ricklefs juga mengutup tulisan Sir Thomar Stanford Raffles yang merupakan gubernur Letnan Jawa selama kekuasaan Inggris di Hindia Belanda pada tahun 1811-1816. Dalam bukunya yang terkenal itu ‘History of Java’ dia menulis bahwa pergi haji atau peziarahan ke Makkah adalah lazim. Raffles juga menuliskan laporan bila di setiap desa di Jawa memiliki ‘imamnya’, dan ... di desa yang penting terdapat sebuah masjid atau bangunan khusus yang diperuntukkan untuk peribadatan.

Raffles juga melaporkan tentang praktik sunat utuk anak laki-laki dan perempuan di setiap orang Jawa, di mana yang belakangan dia tulis ‘mengalami operasi kecil, dimaksudkan agar serupa.

 

                       

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement